INFORMASI-KESEHATAN.NET – Kacang merah dengan nama ilmiah Vigna angularis merupakan jenis kacang yang banyak tumbuh di Asia, salah satunya adalah Indonesia. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi kacang merah, hal ini tentunya sangat menguntungkan. Karena kacang merah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan
Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini manfaat kacang merah bagi kesehatan;

Mengatasi masalah pencernaan

Kacang merah kaya akan serat yang bisa merangsang gerak peristaltik. Dimana zat ini membantu dalam penyerapan nutrisi. Selain itu, kacang merah juga mencegah sembelit, diare, dan kembung.

Mencegah diabetes

Kacang merah dapat membantu Anda dalam mengatur kadar gula darah. Bahkan, makanan sehat ini juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya diabetes.

Kesehatan jantung

Kacang merah mengandung folat, kalium, magnesium, dan serat. Beberapa zat inilah yang bisa menyehatkan jantung Anda. Selain itu, kandungan seratnya berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol. Sedangkan kaliumnya bisa meningkatkan aliran darah.

Mencegah cacat lahir

Vitamin B (asam folat) pada kacang merah bermanfaat untuk mencegah cacat lahir pada janin. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi kacang merah.

Menguatkan tulang

Bagi Anda ingin mengalami osteoporosis, sebaiknya mengkonsumsi mineral seperti seng, tembaga, dan magnesium. Nah untuk mendapatkan nutrisi ini cukup dengan mengkonsumsi kacang merah.