Akibat Menguap Tidak Tuntas

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Menguap adalah salah satu reaksi tubuh yang terbilang alami dan semua manusia pernah mengalaminya. Namun untuk mengetahui mengapa manusia bisa menguap, itu belum diketahui alasannya secara pasti. Terkadang menguap seringkali disangkut pautkan dengan masalah kelelahan, mengantuk atau merasa bosan.

Akibat Menguap Tidak Tuntas
                                                                                         Akibat Menguap Tidak Tuntas

Tim peneliti Universitas Binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita. Artinya, menguap berfungsi untuk “mendinginkan” otak kita.  Analoginya otak kita bekerja seperti halnya komputer. Komputer bisa beroperasi dengan efisien bila tetap dingin. Karena itulah dibutuhkan komponen seperti kipas, heatsink, agar komputer tidak cepat panas dan berhenti bekerja.

Demikian juga kerja otak, pemanasan yang terjadi lewat aktifitas berpikir dan bergerak membuat suhu di otak meningkat tajam. Menguap pun merupakan solusi untuk mengembalikan suhu yang stabil bagi aktifitas otak itu sendiri.

Keunikan dari menguap juga adalah hal ini bisa dikatakan menular. Ketika orang melihat orang lain menguap, tanpa sadar tubuhnya akan ikut menguap juga. Diperkirakan, 55% orang akan menguap dalam waktu lima menit setelah melihat orang lain menguap. Pada beberapa orang ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi proses menguap tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang dapat terganggu saat menguap, sehingga mendapat sensasi tidak tuntas. Jika Anda merasa belum tuntas dalam menguap, Anda dapat melakukan browsing dan mencari gambar orang menguap, tanpa anda sadari Anda bisa ikut menguap juga, dan bisa menguap sampai tuntas.

Selain itu solusi lain yang bisa kami berikan yaitu dengan melakukan olah raga ringan seperti lari pagi, senam peregangan dan senam pernafasan. Kalau gelisah itu kaitannya bisa karena nafas Anda kurang sempurna sehingga otak tidak kebagian oksigen. Sesekali melakukan gerakan membungkukkan badan hingga kepala ada di antara ke dua kaki yang merenggang. Sebab posisi itu konon merupakan posisi satu-satunya yang memudahkan oksigen mencapai otak.

Demikian apa yang bisa kami berikan semoga bermanfaat….