Apa itu Kanker Tulang?

Kanker TulangKanker Tulang

Kanker tulang primer merupakan kanker yang bermula pada (jaringan) tulang. Kanker tulang primer jarang terjadi. Yang lebih umum adalah kanker yang bermula di organ lain, seperti paru-paru dan kemudian bermetastase ke tulang.

Ada 3 jenis utama kanker tulang primer, yaitu:
• Osteosarkoma: berkembang di tulang muda
• Chondrosarkoma: berawal di tulang rawan pasien
• Ewing Sarkoma: bermula pada jaringan saraf yang terdapat pada sumsum tulang.

Kanker tulang biasanya diobati dengan operasi pembedahan. Selain itu opsi lain termasuk: amputasi, kemoterapi dan radioterapi.

Osteosarkoma
Osteosarkoma biasanya menyerang anak laki-laki berusia diantara 10-25 tahun dan diduga merupakan penyakit keturunan (genetic).

Osteosarkoma cenderung tumbuh di ujung bawah tulang paha, atau ujung atas tulang lengan atas ataupun ujung atas tulang kering.

Gejala yang paling sering ditemukan adalah rasa nyeri. Sejalan dengan pertumbuhan tumor, juga bisa terjadi pembengkakan yang teraba hangat dan agak memerah.

Tanda awal dari penyakit ini bisa merupakan patah tulang yang disebut fraktur patologis.
Ini disebabkan karena tumor menyebabkan tulang rapuh.

Osteosarkoma biasanya di-diagnosa melalui test imaging, seperti CT Scan atau X-ray tulang. Kanker tulang jenis ini biasanya diobati dengan pembedahan. Bila ada penyebaran, kemoterapi dapat dilakukan.

Chondrosarkoma
Chondrosarkoma biasanya menyelang sel-sel kartilago (tulang rawan) pasien yang berusia diatas 50 tahun.

Kanker jenis ini biasanya tumbuh lambat dan seringkali dapat disembuhkan hanya dengan pembedahan. Tetapi beberapa diantaranya bersifat invasif dan mudah menyebar.

Dalam kasus chondrosarkoma, pembedahan dilakukan untuk mengangkat seluruh tumor. Kanker tulang ini biasanya tidak bereaksi baik terhadap kemoterapi ataupun radioterapi. Jika tumor diangkat seluruhnya, lebih dari 75% penderita bertahan hidup. Amputasi lengan/tungkai biasanya jarang dilakukan.

Ewing Sarkoma
Ewing Sarkoma muncul pada masa pubertas, dimana tulang tumbuh sangat cepat. Jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 10 tahun.
Ewing Sarkoma paling sering berkembang di tulang panjang, panggul, ataupun dada.
Tumor jenis ini juga bersifat invasif, mudah menyebar misalnya ke organ paru-paru.

Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri, demam dan kadang pembengkakan tulang. Biasanya pasien baru terdiagnosa saat kondisi kanker sudah menyebar.

Pengobatan kanker tulang ini seringkali merupakan kombinasi dari: operasi pembedahan, kemoterapi dan radioterapi.