Bagaimana Mengatasi Bau Mulut?

Bau MulutBau mulut yang tidak sedap memang sangat mengganggu,membuat kita tidak percaya diri dan minder dengan yang lain. Bau mulut bagi sebagian orang berangapan terjadi karena kurang perawatan,seperti jarang sikat gigi ataupun jarang berkumur-kumur. Namun tidak selamanya penyebab bau mulut karena faktor tersebut,masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan mulut kita berbau tidak sedap. Bisa karena adanya kuman yang menimbulkan bau tidak sedap pada mulut kita,bisa juga karena adanya gigi berlubang yang menimbulkan ciri khas bau yang menyengat. Nah,bagaimana sih cara efektif untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap? berikut tips-nya.

Menyikat gigi dan lidah
Sikatlah gigi dan lidah minimal dua kali sehari untuk menghilangkan sisa makanan di mulut. Bekas makanan akan meninggalkan bakteri yang memicu bau mulut yang kurang sedap.

Bersihkan gigi setelah makan
Selain menyikat gigi, Anda juga perlu mengeluarkan sisa makanan di mulut setalah makan. Hal ini untuk mengurangi gigi berlubang dan mengeluarkan sisa makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan makanan. Cara lain mengeluarkan sisa makanan adalah dengan berkumur.

Pastikan mulut selalu basah
Mulut yang kering memicu bakteri berkembang di mulut. Jadi pastikan mulut tetap basah. Jika Anda tidak bisa terus-menerus minum, setidaknya Anda harus menyediakan permen karet. Dengan menguyah permen karet, mulut akan memproduksi air liur, untuk menjaga mulut tetap lembab dan bakteri penyebab bau mulut hilang.

Perhatikan apa yang dimakan
Makanan tertentu seperti bawang bombay atau bawang putih memicu bau mulut yang kurang sedap. Jauhkan juga makanan yang menimbulkan aroma menyengat seperti makan petai dan jengkol. Agar nafas segar, makanlah sayur-sayuran, seperti wortel dan seledri. Paterseli juga dapat dimanfaatkan sebagai penyegar nafas alami. Makan sayur dan buah juga berfungsi untuk merangsang produksi air liur, sehingga Anda terbebas dari bau mulut.

Rawat gigi Anda yang berlubang
Tip di atas mungkin bisa mengurangi bau mulut, tetapi tidak secara langsung mengatasi penyebabnya. Untuk itu, Anda harus mencari penyebab bau mulut dan berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Rawatlah gigi Anda yang rusak. Tamballah lubang gigi Anda. Bila perlu tutuplah sela-sela gigi yang bisa menjadi tempat sisa makanan menumpuk.

Obati infeksi gusi dan gigi
Segera obati gusi Anda yang luka sebelum menjadi infeksi yang parah. Bila perlu cabut gigi Anda yang bermasalah. Yang paling baik memang menyingkirkan sumber masalah bau mulut Anda. Namun demi hasil yang baik, Anda harus meminta jasa perawatan dari ahlinya, yaitu dokter gigi.