Bayam Baik Untuk Otot

Bayam Untuk OtotTahukah Anda mengapa Popeye mengkonsumsi bayam untuk memperkuat otot-ototnya? Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa yang dilakukan tokoh kartun pelaut itu tidak keliru. Bayam ternyata memang bisa membuat otot bisep Anda menonjol.

Sebuah tes yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa nitrat, senyawa yang ditemukan dalam kadar yang tinggi pada bayam, meningkatkan produksi dua protein kunci untuk memperkuat otot-otot.

Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia mengatakan saat ini tidak mungkin membeli suplemen nitrat. Senyawa nitrat itu justru bisa Anda dapatkan dengan cara murah: lewat seikat kecil bayam, tidak perlu sebanyak yang dimakan oleh Popeye–satu kaleng.

Kalau tak suka bayam, Anda harus mencari sumber lain. Jumlah nitrat yang sama bisa diperoleh dari dua hingga tiga ubi merah. Selain itu, nitrat juga bisa ditemukan pada selada dan sawi.

“Penelitian kami sangat menarik sebab nitrat terbukti mempengaruhi kekuatan otot pada tikus,” kata peneliti Andres Hernandez kepada Daily Mail.

Penelitian ini bisa menjadi kabar gembira para penggemar fitness. Mereka bahkan rela membayar mahal kapsul-kapsul protein demi membentuk otot. Padahal sayuran seperti bayam punya kandungan yang kurang-lebih sama bagusnya. Tim peneliti berharap bahwa temuan ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan baru bagi mereka yang mengalami otot lemah.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa bayam bisa menyebabkan rasa kenyang, sementara penelitian lain mengatakan bahwa bayam bisa mempercepat proses penyembuhan pasien yang mengalami serangan jantung.