Berjalan Kaki Akan Membuat Tubuh Bertambah Sehat

Berjalan Kaki Akan Membuat Tubuh Bertambah SehatSemua orang tentu setuju bahwa olahraga jalan kaki dan jogging adalah salah satu latihan aerobik paling sederhana dan teraman yang dapat kita lakukan. Tahukah Anda bahwa jalan kaki atau jogging akan membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan kondisi jantung dan paru-paru. Melakukan jalan kaki atau jogging secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat.
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu (20 mil = 32,18688 km) lebih panjang umur beberapa tahun dibanding mereka yang tidak. Berolahraga jalan kaki secara teratur bisa menguatkan jantung dengan meningkatkan efisiensinya. Latihan jalan kaki, yang dilakukan seumur hidup, juga menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit pembuluh-pembuluh koroner.
Jalan kaki  untuk program kebugaran juga menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, dan tulang rawan, serta mengencangkan otot-otot kaki. Jalan kaki pun menguatkan tulang. Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat memperlambat terjadinya osteoporosis ( keropos tulang ).
Situs kesehatan dan kebugaran tubuh senanitasa merekomendasikan agar setiap orang mau mengambil manfaat dari olahraga jalan kaki. Tentu saja himbauan ini ditujukan kepada orang yang ingin hidup sehat dengan mau teratur olahraga. Bagi orang yang enggan untuk olahraga karena alasan malas, tidak ada waktu dan buang-buang waktu saja tentu himbauan ini tidak berlaku untuknya.
Padahal sudah terbukti jalan kaki yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari migren, berat badan, masalah pernapasan, jantung, dan lain sebagainya.
Dengan jalan kaki teratur sistem dalam tubuh menjadi lebih baik dalam pengaturan gula darah. Karenanya, banyak penderita diabetes mellitus dapat mengurangi kebutuhan insulin bila mereka melakukan latihan jalan kaki. Jalan kaki pula yang merupakan olahraga ideal untuk menjaga bobot badan, karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak.
Begitu pentingnya mendapatkan manfaat olahraga jalan kaki, selain aspek kesehatan ditinjau dari medis kesehatan juga dilihat dari elemen ketiga yaitu api. Kegiatan berjalan kaki akan menyehatkan energi pada elemen ketiga, yaitu api yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri dan vena.
Berjalan kaki juga menyehatkan energi pada elemen kedua, yaitu air. Elemen kedua air berguna untuk menguatkan otot dan menyehatkan ginjal. Selain itu, berjalan kaki juga menyehatkan energi pada elemen pertama, yaitu bumi yang berguna untuk menguatkan tulang. Sebelum mulai berjalan kaki, sebaiknya minum air putih yang cukup.
Berikut indeks manfaat dari olahraga berjalan kaki :
( 1 ) Berjalan kaki 5 menit, indeks manfaat untuk elemen Api  = + 5, elemen Air = + 5 dan elemen Bumi = + 5.
( 2 ) Berjalan kaki 10 menit, indeks manfaat = + 10.
( 3 ) Berjalan kaki 15 menit, indeks manfaat  = + 15.
( 4 ) Berjalan kaki 20 menit, indeks manfaat  = + 20.
Membiasakan diri dengan olahraga sejak anak-anak akan memupuk cinta pada olahraga khususnya jalan kaki.
Setelah berjalan kaki terus menerus selama 20 menit, sebaiknya istirahat dulu selama 5 sampai 10 menit untuk pemulihan tenaga. Begitu tubuh merasa berstamina lagi, lanjutkan melangkahkah kaki hingga menit 30 sampai finish maksimal 45 menit.Frekuensi yang baik untuk jalan kaki atau jogging paling sedikit tiga kali seminggu (tidak pada hari-hari yang berurutan). Lebih baik lagi bila kita berlatih 4 – 5 kali per minggu.
Intensitas latihan juga harus cukup. Yang dimaksud intensitas di sini adalah kecepatan kita harus berlatih jalan kaki agar mencapai zona latihan, yakni ketika denyut nadi kita mencapai 60 – 80% denyut nadi maksimum (220 dikurangi umur dalam tahun).
Rata-rata, kecepatan yang diperlukan sedikit lebih cepat dari 6 km per jam. Kebanyakan, kita cuma jalan kaki dengan kecepatan kurang dari 4 km per jam. Oleh karenanya, kita harus sedikit mempercepat agar lebih bermanfaat untuk mendapatkan cukup nilai aerobik.