Biji Chia Baik Untuk Kesehatan

Biji Chia Baik Untuk Kesehatan
Biji Chia Baik Untuk Kesehatan

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Baru-baru ini biji chia sudah digunakan sebagai pembuatan produk kecantikan wajah. Selain bermanfaat untuk kulit, ternyata biji chia juga baik bagi kesehatan. Tanaman chia memiliki kandungan nutrisi dan anti oxidant.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini biji chia baik untuk kesehatan:

Menahan Nafsu Makan

Kandungan serat pada biji chia sangat baik dikonsumsi saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Manfaatnya adalah membuat Anda cepat merasa kenyang sehingga tidak mudah lapar. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan dengan air hingga berbentuk gel atau tambahkan pada jus atau minuman Anda.

Menjaga Hidrasi

Biji chia termasuk golongan koloid hidrofilik artinya jika terkena cairan akan berubah menjadi gel. Itulah sebabnya biji bisa menyerap dan mempertahankan 10 kali dari beratnya di air sehingga memperlambat dehidrasi. Selain itu, biji chia juga dapat membuat kulit tetap lembab.

Mengatur Kadar Gula Darah

Biji chia bermanfaat untuk mengatur kadar insulin, sehingga kadar gula dalam darah Anda tetap normal. Jadi orang yang mengkonsumsi biji chia akan terhindar dari penyakit diabetes dan bisa menyembuhkan diabetes tipe 2.

Mengandung Asam Lemak

Biji chia mengandung lemak tak jenuh ganda khususnya asam lemak omega-3. Omega-3 inilah yang berperan untuk mengurangi inflamasi, kinerja kognitif menjadi meningkat, dan mencegah kolesterol tinggi.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalsium pada biji chia sangat tinggi sehingga dapat memperkuat gigi, tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan fosfor yang berfungsi mensintesis protein untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada tubuh Anda.