Buang Racun Tubuh dengan Rumput Laut

Anda saat ini bisa dengan mudah menemukan rumput lautolahan rumput laut. Jenisnya sangat beragam, seperti agar-agar, es rumput laut hingga yang gurih, berupa nori dalam kemasan yang bisa langsung dikonsumsi.

Dulu, rumput laut dibudidayakan untuk konsumsi para anggota kerajaan. Saat itu tumbuhan bertekstur kenyal ini dimanfaatkan untuk membuang racun tubuh. Selain itu, ada manfaat lain dari mengonsumsi rumput laut.

1. Cara kuno detoksifikasi

Menurut penelitian, masyarakat yang secara teratur mengonsumsi rumput laut terbukti hidup lebih sehat dan lebih lama. Hal ini, seperti dilansir dari Mind and Body Green, karena kandungan zat di dalam rumput laut mampu merangsang sistem endokrin dan saraf untuk mencegah penyerapan polusi lingkungan yang beracun. Secara khusus, rumput laut yang berada di bawah payung ganggang coklat (kombu, arame dan wakame) sangat kaya akan zat yang disebut asam alginat, yang dikenal sebagai pembersih yang kuat.

2. Sumber nutrisi berkualitas

Makanan nikmat ini bebas lemak dan rendah kalori, lalu kaya akan vitamin, mineral, protein dan nutrisi-nutrisi lain yang seringkali kurang didapatkan dengan mengonsumsi sayuran tanah. Rumput laut juga mengandung kalsium, zat besi serta yodium yang berlimpah dan mengandung mineral penting yang dubutuhkan vegetarian.

Kandungan vitaminnya sangat lengkap, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan vitamin C yang meningkatkan kesehatan fungsi organ serta menciptakan kekebalan tubuh. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, dengan mengkonsumsi rumput laut maka diet akan sangat terbantu. Itu karena, kandungan seratnya yang kompleks dapat membersihkan usus.

3. Obat modern

Selain menjadi sumber nutrisi yang berharga, dokter dan ilmuwan mulai menangkap pada nilai medis yang terdapat pada sayuran laut. Telah ditemukan bahwa diet dengan mengonsumsi sayuran laut dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal dan kanker payudara. Termasuk, meningkatkan fungsi tiroid dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Bahkan, beberapa obat yang berasal dari ekstrak rumput laut telah dikembangkan untuk mengobati berbagai penyakit-penyakit tadi. Rumput laut juga dapat membantu tubuh untuk pulih dari stres berat, menurunkankan kerja kelenjar adrenal yang sering mendorong perasaan takut dan kelelahan.