Cara Agar Retina Mata Tetap Sehat

Cara Agar Retina Mata Tetap Sehat
Cara Agar Retina Mata Tetap Sehat

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Mata mirip merupakan jendela dunia dimana kita mampu melihat keindahan alam. Namun, tidak sedikit orang yang kurang perhatian dengan kesehatan matanya. Perlu Anda ketahui bahwa retina mata adalah bagian terpenting dalam sistem penglihatan.

Retina berfungsi menangkap cahaya dan mengirimkannya ke otak. Jika retina mata Anda rusak maka akan menimbulkan berbagai masalah mata seperti degenerasi makula, retinopati diabetes, dan rabun.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara agar retina mata tetap sehat:

Olahraga Mata

Untuk meningkatkan kesehatan retina mata adalah dengan melakukan olahraga mata secara rutin. Mata juga mempunyai otot seperti lainnya, yang berarti otot mata pun dapat melemah jika tidak dijaga.

Caranya dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan secara bersamaan hingga terasa hangat. Kemudian letakkan tangan pada mata. Pastikan tidak ada cahaya melewati jari-jari Anda. Rasakan kehangatan dan kegelapan dari kedua telapak tangan Anda.

Berhenti Merokok

Merokok dapat memperlambat sirkulasi darah ke mata dan retina sehingga akan merusak pembuluh darah di mata. Perlu Anda ketahui bahwa merokok memberikan risiko degenerasi makula lebih besar. Bahkan, menurunkan kadar antioxidant pada darah untuk menjaga kesehatan mata.

Melindungi Mata

Ada beberapa aktivitas yang dapat merusak mata. Salah satunya adalah kasir yang bekerja dengan barcode scanner. Jadi lindungilah mata Anda dengan berdiri sedikit menjauh.

Selain itu, debu dan partikel juga dapat merusak retina mata. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan kacamata setiap kali keluar untuk melindungi mata dari iritasi. Gunakan juga anti-glare bagi Anda yang bekerja di depan komputer dalam waktu lama.

Asupan

Cukupi kebutuhan nutrisi untuk menunjang kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, antioxidant, dan mineral. Vitamin C berfungsi menjaga mata tetap sehat dari sinar UV yang menyebabkan kerusakan. Dan vitamin E sangat baik untuk penyakit katarak dan degenerasi makular.