Cara Agar Terhindar Dari Infeksi HIV

Cara Agar Terhindar Dari Infeksi HIV
Cara Agar Terhindar Dari Infeksi HIV

INFORMASI-KESEHATAN.NET – HIV/AIDS adalah salah satu penyakit menular dan paling berbahaya. Maka dari itu, kita perlu waspada terhadap sesuatu hal yang bisa beresiko penularan HIV. Pasalnya, HIV dapat menular dengan berbagai cara dan cepat dari satu orang ke orang lainnya.

Sebelum tertular virus mematikan ini, disarankan bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan agar Anda terhindar dari virus ini. HIV sendiri bisa membuat penderitanya tidak dapat hidup dengan normal lagi. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara agar terhindar dari infeksi HIV:

Tolak Seks Bebas

Seks bebas merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit HIV/AIDS. Jadi, sebisa mungkin Anda hindari seks bebas dan setialah kepada pasangan agar tidak tertular HIV.

Hindari Jarum Suntik Bekas

Saat ingin disuntik, maka Anda harus pastikan lebih dulu bahwa jarum tersebut masih steril. Karena HIV dapat menular melalui jarum bekas.

Perlindungan Ekstra

Jika pasangan Anda mengidap virus HIV, berarti Anda harus melakukan perlindungan lebih ekstra. Karena bisa saja, virus ini dapat menular melalui darah dan air liur. Selain itu, melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV dapat membuat Anda tertular.

Lindungi Luka Terbuka

Ketika berada di sekitar penderita HIV, pastikan diri Anda terlindungi dengan baik. Apalagi jika Anda mengalami luka terbuka, maka jangan sampai Anda terkena kontak langsung dengan pasien HIV. Karena hal kecil seperti ini dapat menularkan HIV.

Lakukan Vaksin

Agar Anda memiliki kekebalan dari virus HIV, sebaiknya Anda melakukan vaksin hepatitis A dan hepatitis B. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke rumah sakit secara rutin.