Cara Alami Mengatasi Hipertensi

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai di Indonesia. Hal ini dikarenakan orang-orang yang jarang melakukan pemeriksaan.

Cara Alami Mengatasi Hipertensi
Cara Alami Mengatasi Hipertensi

Hipertensi sendiri diakibatkan tekanan darah berada di atas normal. Selain itu, gejalanya juga sangat sulit untuk diketahui sehingga menimbulkan beberapa penyakit lain. Misalnya serangan jantung, ginjal, diabetes dan stroke. Namun jika Anda sudah mengalami hipertensi, berikut ini ada beberapa cara mengatasinya;

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga setiap hari bisa mencegah Anda dari hipertensi. Olahraga sendiri membuat kinerja jantung dan metabolisme tubuh meningkat. Paling tidak lakukan olahraga selama 30 menit di pagi hari.

Kurangi Asupan Natrium

Indonesia dikenal dengan makanan yang kebanyakan mengandung garam dan lemak. Kandungan natrium bisa menghambat cairan sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Normalnya orang mengkonsumsi adalah 1.500 mg/hari.

Mengkonsumsi Timun

Kandungan mineral potasium pada timun bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan hipertensi. Caranya dengan menghaluskan timun, lalu minum airnya. Atau mengkonsumsinya secara langsung.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung gas hidrogen sulfida yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Caranya cukup mudah dengan menambahkan ke dalam makanan, lalu dikonsumsi.

Mengatur Pola Makan

Bagi hipertensi sebaiknya mengatur pola makan. Pilihlah makanan yang kaya akan kalium, magnesium dan kalsium. Selain itu, sayur dan buah-buah yang kaya akan serat. Dengan begitu tekanan darah Anda akan tetap stabil.