Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak
Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Terjadinya batuk dan pilek disebabkan virus dan bakteri influenza. Batuk ada dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Memang saat ini obat batuk sudah banyak dijual dipasaran, namun tentu saja menimbulkan efek samping.

Nah, untuk mengatasi hal ini, lebih baik Anda beralih ke obat batuk alami. Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut ini ada beberapa jenis obat batuk alami;

Madu Dan Jeruk Nipis

Madu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah mengobati batuk. Caranya campurkan satu sendok madu murni dan air jeruk nipis. Minum 2 kali sehari secara teratur.

Akar Teh Licorice

Akar Licorice adalah tumbuhan alami yang mengobati batuk berdahak. Bahkan, tumbuhan ini bisa mengatasi tenggorokan yang sakit. Caranya merebus akar licorice dengan 2 gelas air hingga mendidih. Agar tidak terasa pahit, Anda bisa menambahkan satu sendok madu.

Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa mengobati batuk berdahak Anda. Lakukan dua kali sehari secara teratur. Karena air garam dapat membunuh virus dan bakteri penyebab batuk.

Madu dan Lada Hitam

Selain untuk bahan masakan, lada hitam juga sangat efektif menyembuhkan batuk berdahak. Caranya campurkan madu dan lada hitam, lalu Anda minum. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari untuk hasil yang cepat.