Cara Aman Berolahraga Bagi Penderita Asma

Cara Aman Berolahraga Bagi Penderita Asma
Cara Aman Berolahraga Bagi Penderita Asma

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Ada sebagian orang yang terlahir dengan tubuh yang lemah. Selain itu, ada juga yang terkena penyakit sejak kecil dan tidak bisa sembuh seperti penyakit asma.

Penyakit asma membuat kita susah beraktivitas sehingga melakukan olahraga yang dianjurkan ahli kesehatan menjadi terhambat. Ingat. olahraga merupakan kegiatan fisik yang membuat tubuh bekerja keras.

Namun, Anda masih bisa kok melakukan olahraga meskipun terkena penyakit asma. Untuk lebih jelasnya, langsung simak berikut ini;

– Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah konsultasi dengan dokter. Dalam hal ini dokter akan memberi solusi yang tepat untuk Anda mengenai olahraga yang cocok bagi penderita asma.

– Pastikan Anda mengkonsumsi obat pra-olahraga untuk penderita asma, misalnya bronkodilator inhalasi, kromolin, dan lain sebagainya untuk mencegah asma kambuh saat berolahraga.

– Sebelum berolahraga lakukan pemanasan terlebih dahulu. Bahkan saat selesai, Anda juga harus melakukan pendinginan agar sistem pernapasan tidak mengalami perubahan secara ekstrim.

– Kondisi cuaca lagi hujan atau dingin, lebih baik olahraga di dalam ruangan saja. Apalagi jika lingkungan sekitar Anda terdapat banyak polusi udara.

– Melakukan olahraga dengan normal. Ingat, penderita asma dilarang keras memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat.