Cara Efektif Kencangkan Betis dan Paha

Cara Efektif Kencangkan Betis dan PahaAnda mungkin iri melihat betis seksi dan paha kencang Jessica Alba atau Beyonce Knowles. Mereka tentu tak mendapatkannya begitu saja. Serangkaian latihan khusus untuk mengencangkan tubuh bagian bawah, dilakukan.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat betis dan paha Anda lebih kencang? Lakukan saja tiga latihan ini di rumah secara teratur. Kaki yang seksi pun bukan lagi impian.

1. One and a half squat

Biasakan diri untuk melakukan latihan satu atau setengah squat (jongkok). Targetnya, seperti dilansir dari Livestrong, adalah paha bagian belakang dan paha bagian depan. Otot-otot di bokong akan menjadi penggerak utama dalam latihan satu atau setengah posisi jongkok.

Cara : Berdiri dan buka kaki selebar pinggang dan lengan disamping Anda. Tekuk lutut ke arah depan, sampai pinggul dan paha hampir sejajar dengan lantai. Kemudian, luruskan kaki Anda untuk berdiri dan kembali ke atas (posisi berdiri), tahan selama dua detik. Ulangi.

2. Single leg raise

Otot betis merupakan target utama dari teknik ini. Lakukan seperti gerakan aerobik atau fungsikan tangga untuk latihan ini. Jika tidak ada tangga, Anda dapat melakukannya tanpa menggunakan alat.

Cara : Berbaringlah di atas matras. Masih dalam keadaan berbaring, tekuklah tumit sebelah kanan Anda. Kemudian, luruskan kaki sebelah kiri Anda, dan angkat tumit sebelah kanan Anda.

Cara lain, Anda dapat melakukannya dengan mengangkat kedua tangan ke atas, angkat tumit dan turunkan kembali. Ulangi sebaliknya. Anda juga dapat menggunakan sepasang dumbell  di masing-masing tangan.

3. Modifikasi lunge
Tagetnya adalah paha bagian belakang, paha depan, dan otot paha. Melakukan gerakan ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal pada paha dan betis Anda.

Cara : Berdiri dengan kaki kanan lurus ke depan dan kaki kiri di belakang. Biarkan lengan menggantung di sisi tubuh. Tahan otot perut dan tekuk lutut Anda, dan jaga keseimbangan Anda. Kemudian, angkat tumit kiri Anda dari lantai, miringkan badan ke arah depan menuju lutut kanan. Lalu berdiri kembali dan tempatkan tumit kiri kembali ke lantai. Ulangi.