Cara Mencegah Batu Ginjal

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam asam. Seseorang baru merasakan gejala batu ginjal saat stadium lanjut. Misalnya sakit di bagian punggung bawah, air kencing yang disertai darah, nyeri saat buang air kecil, timbul infeksi saluran kencing dan muntah-muntah. Maka dari itu, Anda perlu mencegah batu ginjal secara dini. Untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini cara mencegah batu ginjal;

Cara Mencegah Batu Ginjal
Cara Mencegah Batu Ginjal

Jangan terlalu banyak keringat

Melakukan olahraga yang berat memang baik bagi kesehatan Anda, namun hal ini juga dapat menyebabkan batu ginjal. Karena saat tubuh kehilangan banyak air, tentu produksi urine Anda juga akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Minum banyak air

Minum banyak air adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Karena membantu Anda sering buang air kecil. Untuk itu, pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi, apalagi saat melakukan olahraga.

Kurangi makanan yang kaya oksalat

Bagi Anda yang sudah memiliki batu kalsium oksalat, disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat. Misalnya bit, bayam, lobak, ubi, kacang-kacangan, dan coklat.

Kurangi mengkonsumsi garam dan protein hewani

Jika Anda mengurangi mengkonsumsi garam dan protein hewani, tentu dapat mencegah resiko bantu ginjal.