Cara Mencegah Dehidrasi Saat Diare

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Diare
Cara Mencegah Dehidrasi Saat Diare

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Bagi Anda yang sering mengalami gangguan kesehatan seperti diare, tentu perut terasa mulas dan Anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi. Hal ini cukup membuat Anda tersiksa.

Selain itu, tubuh Anda juga akan kehilangan banyak cairan sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi, tidak hanya berolahraga saja yang bisa membuat Anda dehidrasi. Apalagi saat mengalami diare, karena Anda tidak boleh sembarang mengkonsumsi minuman.

Seperti yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa saat mengalami diare disertai dengan muntah-muntah. Ada beberapa hal yang menyebabkan kita mengalami dehidrasi, seperti merasa haus, jarang buang air kecil, air seni berwarna kuning pekat, kulit menjadi kering, cepat lelah, kepala pusing, dan sulit untuk berkeringat.

Nah, untuk mengatasi masalah dehidrasi saat diare adalah Anda diharuskan minum air putih secara sedikit demi sedikit. Jangan minum air dalam jumlah banyak secara langsung karena bisa membuat Anda muntah. Jika kesulitan minum air, gantilah dengan jus buah.

Anda bisa menambahkan garam dan gula pada air putih yang ingin diminum untuk menyeimbangkan jumlah ion pada tubuh Anda. Sedangkan untuk mengatasi rasa mual, Anda bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat manis.