Cara Mengatasi Kurang Darah / Anemia

Cara Mengatasi Kurang Darah / Anemia
Cara Mengatasi Kurang Darah / Anemia

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Kurang darah atau sering disebut anemia bukanlah termasuk salah satu sebuah penyakit. Tapi, kurang darah bisa memicu sejumlah penyakit nantinya. Kurang darah bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, produktivitas berkurang, kinerja menjadi terganggu, dan tentunya penampilan Anda kurang segar.

Apalagi jika kurang darah dialami oleh ibu hamil. Selain bisa mengganggu perkembangan si janin juga akan mempersulit proses persalinan Anda nantinya karena bisa beresiko terjadinya pendarahan.

Untuk mengatasi kurang darah, langsung saja Anda simak berikut ini:

  • Anda bisa mengkonsumsi suplemen zat besi secara rutin.
  • Mengkonsumsi daging merah bisa menjadi solusi bagi Anda yang kurang darah. Daging merah memiliki kandungan vitamin B12 untuk mencegah kurang darah.
  • Bagi Anda tipe orang yang vegetarian, vitamin B12 bisa dapatkan dari susu kedelai, yoghurt, dan sereal yang telah difortifikasi.
  • Makanan dengan mengandung asam folat juga bisa mencegah kurang darah. Misalnya kubis, kacang-kacangan, ekstrak ragi, dan telur.
  • Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan terbukti bisa mencegah kurang darah. Anda bisa mengkonsumsi seperti anggur, alpukat, jeruk, dan mangga.
  • Mencukupi tidur selama 7-8 jam.
  • Berolahraga secara rutin.

Pada umumnya wanita lebih cenderung mengalami kurang darah. Hal ini dikarenakan darah yang keluar (darah haid) setiap bulan. Wanita yang mengalami haid berlebihan, cacingan dan wasir yang selalu berdarah juga bisa menyebabkan kurang darah.

Maka dari itu, sebaiknya wanita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah banyak dan melakukan olahraga rutin bisa terhindar dari gejala kurang darah.