Cara Mengatasi Virus MERS

Cara Mengatasi Virus MERS
Cara Mengatasi Virus MERS

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Korban yang disebabkan oleh virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus) terus bertambah. Hal ini diketahui dari data WHO pada tanggal 14 Juni 2013 lalu bahwa telah terinfeksi 61 orang virus MERS-CoV dan 34 orang lainnya meninggal dunia.

Data tersebut diambil dari laboratorium di beberapa negara seperti, Arab Saudi, Jordania, Qatar, United Kingdom, Uni Emirat Arab, Perancis, Jerman, Tunisia dan Italia.

Pada umumnya virus MERS-CoV menyerang di bagian pernapasan orang di Arab Saudi.” Hal ini dijelaskan oleh, Anggito Abimanyu Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama. Anggito Abimanyu menambahkan, apalagi di kota Makkah yang menjadi tempat berkumpulnya orang-orang di seluruh dunia sehingga terinfeksi penyakit menular ini lebih besar.

Untuk mengatasi hal seperti ini, kata Anggito, pihaknya dari Kemenag telah mengeluarkan rekomendasi agar selalu menjaga kesehatannya dengan melaksanakan hidup bersih dan sehat serta cuci tangan pakai sabun untuk mengantisipasi virus MERS-CoV.

Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter setiap 6 minggu sebelum bepergian. Dan melakukan vaksinasi meningitis sebelum berkunjung ke Arab Saudi.

Melindungi diri dan orang yang mengalami penyakit yang menyerupai influenza juga sangat penting. Caranya:

  • Jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit seperti influenza, disarankan untuk tidak keluar rumah.
  • Selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.
  • Setiap kali batuk dan bersin tutup mulut dan hidung.
  • Selalu pakai masker saat terkena flu atau berdekatan dengan orang yang terkena flu.

Ketika Anda mengalami gejala demam, batuk dan sulit saat bernapas, segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika Anda sudah mengalami gejala ini dalam waktu 14 hari.