Cara Menghadapi PMS

PMSPREMENSTRUAL Syndrome (PMS) bisa menjadi saat yang menakutkan bagi kebanyakan perempuan. Bagaimana tidak, kurun waktu selama menstuasi merupakan saat di mana perempuan kerap merasakan sakit dan ketidaknyamanan di sekitar perut dan pinggul.

Emosi yang tidak stabil, ditambah lebih mudah stres dan marah merupakan ancaman setiap bulannya. Ada cara mudah bersahabat dengan PMS, seperti yang dirilis Timesofindia, Kamis (14/6).

1. Rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan saat PMS, memang seringkali membuat perempuan absen untuk melakukan olahraga. Namun di balik rasa tidak nyaman itu, olahraga mampu meningkatkan endorphin di otak, yang bisa menguangi tingkat keparahan stres. Pastikan Anda rutin berolahraga 20 hingga 40 menit selama 3 atau 4 kali dalam sepekan.

2. Banyaklah mengonsumsi air putih.

3. Pastikan untuk tidak melupakan buah-buahan dan sayuran segar dalam deret sajian makan siang ataupun malam.

4. Kurangi konsumsi kafein dan gula.

5. Menambahkan suplemen seperti suplemen penambah kalsium juga bisa menjadi pilihan. Kalsium ini membantu meningkatkan suasana hati dengan cara mempengaruhi sistem endoktrin yang memproduksi hormon. Selain itu perbanyak magnesium, vitamin B6, dan vitamin E.

6. Hal lainnya, mencoba untuk mengikuti kelas relaksasi seperti yoga, pijat refleksi, atau meditasi, bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. (*/OL-06)