Cara Mengontrol Konsumsi Gula

Cara Mengontrol Konsumsi Gula
Cara Mengontrol Konsumsi Gula

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Sebagian orang sangat menyukai makanan dan minuman yang manis. Namun beda halnya para penderita diabetes yang berusaha menghindari gula. Meskipun memberikan rasa enak pada makanan atau minuman, tapi gula mempunyai kalori yang tinggi. Dan tentunya dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti gigi berlubang, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Mungkin Anda telah menerapkan menu diet, tapi nyatanya gula masih tetap saja ada pada roti atau saus.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengontrol asupan gula dalam sehari, langsung saja Anda simak berikut ini.

Membaca Label Makanan

Anda akan tahu seberapa banyak gula yang ditambahkan pada makanan jika Anda membaca komposisi bahan yang tertulis di label kemasan. Bahkan makanan seperti saus tomat, biskuit, bumbu, dan saus salad juga mempunyai gula sebagai komposisi bahannya. Jika Anda melihat tulisan gula ada di daftar teratas komposisinya, sebaiknya Anda perlu waspada.

Kenali Nama Lain Gula

Anda harus mengetahui nama lain dari gula seperti yang tertera di label makanan. Seperti dried cane syrup, high fructose corn syrup, molasses, sucrose, invert sugar, dan yang berakhiran ose. Bahan-bahan pemanis ini pada umumnya akan ditulis terpisah dengan daftar komposisi makanan. Makanan sehat sekalipun seperti sereal dan yogurt mempunyai bahan pemanis. Paling tidak Anda harus memilih makanan yang paling sedikit mengandung bahan pemanis.

Tanpa Pemanis

Bagi Anda sudah mengetahui makanan yang berbahan pemanis, maka Anda harus memilih makanan tanpa gula. Seperti makanan dengan label unsweetened atau no sugar. Makanan tersebut terdapat pada saus apel, susu kedelai, selai kacang, almond, oatmeal, dan buah kalengan.

Tidak untuk Minuman Manis

Memang tidak enak rasanya jika tidak ditambahkan gula pada minuman. Namun, mengkonsumsi minuman yang tidak berbahan pemanis dapat Anda latih. Misalnya, ketika minum kopi yang biasanya Anda menggunakan dua sendok gula, maka Anda bisa mengurangi satu sendok gula pada kopi. Lakukan cara ini sampai setengah sendok gula atau Anda hanya menambahkan susu pada kopi.

Pilih Makanan Berprotein dan Berlemak

Makanan karbohidrat mempunyai kandungan gula yang tidak sehat. Jadi, Anda harus menggantinya dengan makanan yang kandungan lemak baik, protein, dan serat. Anda bisa mendapatkannya pada buah alpukat, biji-bijian, kacang tanah, minyak zaitun, dan minyak kelapa.