Cara Menjaga Kesehatan dan Kepadatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan dan Kepadatan TulangMemiliki tulang yang sehat dan padat merupakan keinginan semua orang. Ciri-ciri tulang yang tidak sehat adalah tulang keropos dan berjalan terlihat membungkuk. Tulang adalah organ tubuh yang terpenting karena tulang adalah penopang tubuh kita.

Bahkan, ahli kesehatan Professor Dawn Glasgow mengatakan bahwa ada cara untuk menjagat tulang tetap sehat dan padat. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Mengkonsumsi Makanan Bervitamin D

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, misalnya ikan salmon atau sardin. Karena tulang sangat membutuhkan vitamin D. Tanpa vitamin D, tubuh tidak bisa menyerap kalsium dengan baik sehingga tulang akan menjadi lemah.

Berjemur Pada Pagi Hari

Vitamin D bisa Anda peroleh dari sinar matahari pada pagi hari. Caranya berjemurlah di bawah sinar matahari saat pagi hari selama 10 menit. Dengan begitu, maka Anda terhindar dari resiko patah tulang sebanyak 30 persen.

Bergerak

Untuk menjaga kekuatan tulang, tentu Anda harus melakukan latihan beban, khususnya untuk meningkatkan pertumbuhan tulang. Seseorang yang tidak berolahraga, mereka akan lebih cenderung mengalami masalah pada tulangnya.

Jangan Merokok dan Meminum Alkohol

Rokok bisa membuat tulang cepat rapuh. Sedangkan, alkohol bisa menghambat penyerapan nutrisi dari makanan ke tulang. Jadi, sebaiknya Anda hindari rokok dan alkohol tulang agar tulang Anda tetap sehat dan padat.

Jangan Stres

Mengalami stres yang cukup tinggi bisa memicu tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini bisa mengurangi massa tulang. Jika dibiarkan, maka Anda akan mengalami osteoporosis.