Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe- 2

Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe- 2INFORMASI-KESEHATAN.NET – Seseorang akan menderita diabetes tipe-2 saat tubuh mereka tidak lagi memproduksi cukup insulin. Penyakit diabetes tipe-2 ini bisa menyebabkan gangguan pada organ tubuh. Bahkan, sebagian besar penyakit ini berakhir pada kematian jika meningkat menjadi sangat serius.

Penyakit diabetes tipe-2 tidak bisa disembuhkan, tapi hanya bisa dikontrol. Maka dari itu, sebaiknya Anda cegah penyakit ini sedini mungkin sebelum akhirnya terkena. Berikut adalah beberapa cara mudah mencegah diabetes tipe-2:

Mengurangi Berat Badan

Artikel sebelumnya sudah disebutkan bahwa orang-orang yang mempunyai tubuh gemuk cenderung terkena diabetes. Maka dari itu, jangan Anda mengalami obesitas. Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh lebih sehat dan berbentuk. Misalnya renang, bersepeda, dan berlari untuk membakar sebagian gula pada darah. Beberapa peneliti mengatakan bahwa semakin tubuh terbentuk alias ideal, maka resiko terkena diabetes akan semakin berkurang.

Mengkonsumsi Makanan Berserat

Penyebab lain seseorang menderita diabetes tipe- 2 adalah mengkonsumsi makanan yang manis dalam jumlah banyak. Jika ingin Anda mengkonsumsi makanan manis, Anda bisa beralih mengkonsumsi buah-buahan. Buah memiliki kandungan serat, seperti pir. Selain itu, nasi merah juga memiliki manis alami sehingga sangat baik bagi Anda yang menjalankan program diet.

Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 bisa Anda peroleh dari ikan salmon, sarden, dan makanan lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya paling tidak satu minggu sekali. Tujuannya untuk meningkatkan kerja zat yang bertugas menjaga tubuh agar terhindar dari diabetes.

Mengonsumsi Vitamin D

Beberapa peneliti mengatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D bisa mengurangi terkena penyakit diabetes. Vitamin D bisa Anda peroleh dari ikan yang berlemak dan semua jenis olahan susu. Alternatif lainnya yaitu mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Mengonsumsi Rempah-rempah

Rempah-rempah yang dimaksud adalah kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis sangat efektif untuk meningkatkan kinerja insulin. Jadi Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menaburi kayu manis di atas minuman atau makanan.