Cara Mudah Mencegah Kanker Mulut

Cara Mudah Mencegah Kanker MulutKanker mulut adalah sejenis kanker yang hanya tumbuh di bagian mulut. Pada umumnya kanker mulut di bagian lidah, di dasar mulut dan tenggorokan.

Beberapa para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, seks oral, dan pola hidup tidak sehat adalah pemicu terjadinya kanker mulut. Jadi, Anda harus menerapkan pola hidup yang sehat jika ingin terhindar dari kanker mulut. Lalu, bagaimana caranya?

Langsung saja Anda simak berikut ini cara mudah mencegah kanker mulut yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan.

Rajin Menggosok Gigi

Pemicu berkembangnya sel kanker di bagian mulut adalah tidak menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak bersih akan memperlambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggosok gigi 2 kali sehari agar terhindar dari kanker mulut.

Hindari Merokok

Seperti yang Anda ketahui bahwa rokok dapat merusak paru-paru. Selain itu nikotin yang terdapat pada rokok tersebut bisa mengganggu kesehatan mulut. Nikotin inilah yang menyebabkan seseorang lebih mudah terkena kanker mulut. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari rokok demi kesehatan Anda.

Hindari Minuman Beralkohol

Menkonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu penyebab kanker mulut. Risiko ini akan terus meningkat jika seseorang sering mengkonsumsi minuman beralkohol ini.

Rajin Berolahraga

Berolahraga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya terkena kanker mulut. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan olahraga setiap hari agar tubuh Anda tetap sehat dan jauh dari kanker mulut.

Mengkonsumsi Makanan Anti Kanker

Dilansir dari The American Institute for Cancer Research bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, anggur, teh hijau, dan tomat mampu mencegah kanker. Selain itu, melakukan diet dan memenuhi nutrisi adalah salah satu metode pencegahan kanker.

Memeriksa Gigi

Sebaiknya Anda periksa kesehatan mulut ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mencegah gangguan masalah mulut. Bukankan mencegah lebih baik daripada mengobati.