Ciri-ciri Penyakit Akibat Virus MERS

Ciri-ciri Penyakit Akibat Virus MERS
Ciri-ciri Penyakit Akibat Virus MERS

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Penyakit mematikan yang satu ini disebabkan oleh virus Corona MERS (Middle East respiratory syndrome coronavirus). Virus ini sudah mulai menyerang di Arab Saudi. Pasalnya, virus MERS yang belum ada obatnya ini sudah banyak menelan korban.

Virus MERS hampir sama dengan virus SARS Corona, hanya saja virus MERS lebih mematikan. Angka kematian akibat virus MERS sebesar 50% dan untuk SARS hanya 10%.

Dr H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, menjelaskan bahwa virus MERS ini memiliki tingkat kematian cukup tinggi dan penularannya cukup cepat.

Sampai saat ini, infeksi MERS sudah menyerang di berbagai negara, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan masih banyak lagi. Virus MERS baru diketahui pada tahun 2012 dan belum ada vaksinnya.

Menurut, Dr Ari bahwa ciri-ciri seseorang terkena virus MERS itu hampir sama dengan penyakit flu biasa. Karena hanya pemeriksaan medis saja virus MERS bisa diketahui.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini ciri-ciri penyakit akibat virus MERS:

  • Penderita mengalami gangguan pernapasan, seperti nafas pendek.
  • Mengalami demam lebih dari 38 derajat celcius yang disertai gangguan pernapasan.
  • Batuk-batuk dan bersin.
  • Mengalami pneumonia dan gagal ginjal.
  • Merasakan sakit di bagian dada.

Virus MERS lebih mudah menginfeksi orang yang mempunyai kekebalan tubuh rendah, misalnya lanjut usia, anak-anak kecil, orang yang sedang dalam perjalanan. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan Anda.

Jumlah korban dari virus MERS di Arab Saudi sebesar 339 kasus. Jadi, bagi Anda yang ingin berencana ke Arab Saudi selalu perhatikan kesehatan Anda.