Cuka Apel untuk Menghilangkan Ketombe

KetombeJika ketombe muncul di kulit kepala, namun Anda tidak mau menanganinya dengan bahan kimia keras atau shampo anti ketombe, sebotol cuka apel bisa dijadikan penghilang ketombe.

Selain mengatur keseimbangan pH kulit kepala, cuka apel juga bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Berikut tips mengatasi ketombe dengan cuka apel:

1. Cuci rambut Anda dengan shampo ringan dan pH seimbang.

Anda tidak perlu menggunakan shampo anti ketombe karena cuka apel secara alami akan mengembalikan pH kulit kepala dan secara bertahap mengatasi masalah ketombe.

2. Campur dua bagian cuka apel dengan satu bagian air hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial, misalnya lavender, serai, atau rosemary untuk mengatasi ketombe dan memberikan aroma wangi pada rambut.

3. Tuang secara langsung campuran cuka apel tersebut ke atas rambut yang bersih. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam botol penyemprot dan semprotkan pada kulit kepala.

Pijat lembut kulit kepala dan biarkan campuran cuka apel pada rambut mengering. Anda tidak perlu membilas rambut, namun jika merasa terganggu dengan bau cuka apel, Anda bisa membilas rambut.

4. Atasi ketombe yang membandel dengan campuran cuka apel yang lebih kuat, misalnya rasio cuka apel dengan air 1:1, atau cuka apel murni saja.

Oleskan cuka apel pada rambut dan biarkan meresap ke dalam kulit kepala selama 15 menit. Kemudian Anda bisa membilas rambut dengan shampo ringan yang memiliki pH seimbang.

5. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ulangi perawatan ketombe dengan cuka apel ini paling tidak seminggu sekali.