Fakta Lemak Baik dan Lemak Jahat

Fakta Lemak Baik dan Lemak Jahat
Fakta Lemak Baik dan Lemak Jahat

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Diet harus dilakukan apalagi jika Anda yang sudah lama mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah lemak. Namun tidak selamanya lemak itu harus dihindari karena ada juga lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Seperti yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut ini fakta lemak baik dan lemak jahat;

Lemak baik

Lemak baik atau lebih dikenal dengan lemak tak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda. Anda bisa mendapatkannya pada kacang-kacangan, minyak canola, minyak zaitun, minyak bunga matahari, alpukat, ikan tuna, unggas dan biji labu.

Lemak buruk

Lemak jahat di bagi menjadi tiga, yaitu lemak jenuh, lemak cis dan lemak trans. Pada umumnya lemak trans terdapat pada makanan seperti permen, margarine, minyak sayur, gorengan, makanan instan, dan kerupuk. Sedangkan lemak jenuh banyak ditemukan pada es krim, minyak sawit, keju, mentega, daging merah dan produk susu.

Maka dari itu, lebih baik Anda mengkonsumsi lemak baik agar bisa mengontrol kolesterol, mencegah peradangan, menyehatkan jantung dan sebagai bahan pembangun sel dan menjaga sistem syaraf tubuh.