Gangguan Pada Mata Karena Penggunaan Komputer

Gangguan Pada Mata Karena Penggunaan KomputerSakit maupun sehat akan dialami setiap manusia selama dia hidup di dunia. Kesehatan tubuh seseorang yang baik sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, asupan nutrisi, imunitas maupun tingkat stres. Karena itu menjaga kesehatan menjadi langkah penting sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta.
Sementara berdoa dan usaha berobat jika sudah jatuh sakit, menjadi hal wajib untuk mengupayakan kesembuhan. Gangguan kesehatan pada manusia modern yang berhubungan erat dengan penggunaan sarana penunjang kerja, yaitu komputer saat ini semakin banyak terjadi pada masyarakat. Gangguan ini jika tidak diwaspadai sejak dini bukan mustahil akan menjadi penyakit  serius.
Contohnya, pegawai kantoran, pekerja kreatif, penjaga warnet atau saya sendiri sehat dengan berpuasa sama-sama beresiko mengalami gangguan akibat penggunaan komputer. Gangguan itu berupa kelainan penglihatan, sakit kepala, pengapuran tulang hingga stres yang tinggi jika menghadapi pekerjaan dengan menggunakan komputer, tidak juga menemukan jalan penyelesaian sehingga pekerjaan tidak selesai pada waktunya.
Gangguan penglihatan merupakan yang paling banyak dialami oleh penggunaan komputer. Jika tidak segera diatasi, gangguan pada mata yang dinamakan Computer Vision Syndrome ( CVS ) dapat menimbulkan kelainan fisik. Hal ini terjadi karena saat penglihatan menjadi kabur, maka pengguna komputer akan mengubah posisi tubuh maju agar lebih dekat dan jelas dengan layar komputer dimana objek visual terpampang di layar.
Gangguan penglihatan, sakit kepaya, pengapuran tulang hingga stres bisa terjadi pada pekerja yang menggunakan komputer.
Lalu apa sebenarnya CVS itu? Gejala CVS biasanya berupa myopia sementara, yaitu berupa ketidakmampuan melihat dengan jelas objek yang jauh untuk beberapa saat setelah menggunakan komputer. Berikutnya, mata lelah yang dapat disebabkan oleh bahaya dari monitor, koreksi penglihatan yang berkurang, membaca dokumen  dengan ukuran huruf yang kecil. Lalu gangguan pada mata karena keadaan kontras yang tidak seimbang antara teks dan latar belakang dan mata yang kering.
Gangguan mata semakin bertambah daftarnya di antaranya, penglihatan kabur, mata kering, iritasi dan berair. Juga meningkatnya kepekaan terhadap cahaya, bahkan kulit kepala, sakit punggung, sakit leher dan spasme otot. Penggunaan komputer yang terus menerus itu akan mengakibatkan gangguan muskuloskeletal yang diawali dengan kelemahan otot dan tandon atau nyeri leher dan punggung sampai dengan trauma kumulatif.
Untuk mengurangi gangguan yang menyebabkan mata cepat lelah, ada beberapa tips yang perlu dilakukan, yaitu :

  1. Letakkan monitor pada ketinggian yang sama dan berdampingan dengan tempat arsip, berjarak 18 – 24 inchi dari wajah pengguna komputer.
  2. Letakkan keyboard sejajar dengan lengan tanpa harus mengangkat siku, sejajar dengan letak mouse.
  3. Upayakan agar kursi bisa menyokong punggung, dapat disesuaian untuk memperoleh posisi yang sebenarnya dapat dipindahkan dengan mudah.
  4. Untuk meja memiliki ruang yang cukup untuk lengan dengan ketinggian yang sesuai, memiliki ukuran yang cukup untuk meletakkan komputer dan dokumen.