Gejala Yang Ditimbul Saat Gangguan Sendi Datang

Gejala Yang Ditimbul Saat Gangguan Sendi DatangDi Bawah ini ada beberapa gejala yang timbul saat gangguan sendi berlangsung. mungkin ada diantara anda yang sudah pernah mengalaminya, atau ada teman anda yang mengalaminya. Sendi terasa sakit saat berjalan atau naik tangga? Gangguan pada sendi jelas menyebabkan aktivitas terganggu. Sebenarnya, apa yang menyebabkan gangguan pada sendi? Dan, adakah cara untuk mengatasinya?

Berikut diantara gejala yang timbul adalah :

  1. Kekakuan pada sendi, terutama setelah diam pada posisi yang sama (seperti tidur atau duduk)
  2. Sendi dan otot terasa lebih lemas, terutama pada sendi lutut
  3. Bengkak pada sendi
  4. Crepitus atau bunyi gemeratak pada sendi saat bergerak
  5. Gangguan dalam beraktivitas, terutama aktivitas yang melibatkan gerakan sendi: Berjalan dan turun-naik tangga, Bangun dari kursi atau tempat tidur, Membungkuk.
  6. Perubahan bentuk sendi sehingga tampak menonjol, biasa terjadi jika gejala sudah parah

Atasi dengan tepat sebelum terlambat
Walaupun tidak dapat disembuhkan, gangguan sendi tetap harus ditangani dengan tepat untuk membantu mengatasi rasa nyeri, memperbaiki kemampuan bergerak dan beraktivitas, serta mencegah kondisi menjadi memburuk.

  1. Suplemen Glucosamine dan Chondroitine yang merupakan senyawa yang secara alami terdapat pada tubuh, terutama pada jaringan penghubung dan jaringan tulang rawan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa suplementasi chondroitin dan glucosamine dapat membantu mengurangi nyeri sendi serta mencegah kerusakan persendian pada penderita osteoarthritis. Hal ini berkaitan dengan peran mereka sebagai komponen penyusun tulang rawan dan minyak synovial. Pembentukan tulang rawan serta minyak synovial berperan penting dalam mencegah gesekan antar tulang yang mengakibatkan nyeri sendi2,3,4.
  2. Terapi fisik dan olahraga bermanfaat untuk memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan sebagai latihan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas ringan dan sedang untuk menghindari cedera, dan konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
  3. Pola hidup sehat dengan asupan nutrisi yang seimbang serta menghindari rokok.
  4. Lindungi sendi dari beban berlebih dan cedera dengan cara:
  • Penggunaan alas kaki yang tepat dan nyaman. Gunakan alas kaki dengan ukuran yang tepat dan batasi penggunaan alas kaki berhak tinggi
  • Batasi aktivitas fisik intensitas tinggi
  • Berhati-hati saat beraktivitas agar terhindar dari cedera
  • Istirahat yang cukup
  • Gunakan alat bantu saat beraktivitas jika dibutuhkan