Hal Yang baik Dilakukan Balita Sebelum Tidur

Hal Yang baik Dilakukan Balita Sebelum TidurBalita membutuhkan waktu tidur yang cukup dan tidur malam yang berkualitas setiap harinya untuk kepentingan perkembangannya. Anda perlu membangun rutinitas pengantar tidur dengan kebiasaan baik setiap harinya agar anak dapat tidur dengan nyenyak. Seperti dilansir whattoexpect, berikut rutinitas yang dapat Anda lakukan sebagai pengantar waktu tidur balita, yaitu:

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membuat tubuh balita Anda lebih nyaman dan siap untuk tidur malam yang nyenyak. Jika balita Anda menolak untuk mandi, buat aktivitas mandinya lebih menarik dengan memasukkan beberapa mainan plastik ke dalam bak mandi.

Jika kulit balita Anda kering, gunakan sabun yang bebas pewangi dan oleskan lotion setelah mandi. Anda juga dapata mengoleskan lotion sambil memberikan pijatan ringan yang dapat menenangkan kulit dan mendorong relaksasi sebelum tidur.

2. Kenakan piyama yang nyaman untuk anak

Pilihlah jenis kain yang nyaman, lembut dan hangat. Kulit balita tergolong sangat sensitif, sehingga Anda perlu memperhatikan kelembutan bahan dari pakaian tidur anak. Pakaian yang nyaman dapat membuat anak Anda tidur dengan nyenyak dan tidak terganggu dengan gatal atau gerah karena jenis kain pakaian yang salah.

3. Berikan makanan ringan

Jika anak merasa lapar setelah makan malam dan menjelang tidur, berikan makanan ringan seperti yogurt, kue kering, susu atau sereal. Jangan biarkan anak tidur dalam keadaan kelaparan, karena hal ini dapat membuatnya terbangun di tengah malam. Makan di tengah malam tidak baik untuk kesehatan anak dan dapat emmicu obesitas di kemudian hari.

4. Menyikat gigi

Menyikat gigi di malam hari lebih penting daripada menyikat gigi setelah bangun di pagi hari. Mungkin akan sedikit sulit untuk membangun kebiasaan menyikat gigi pada balita karena mungkin anak telah terlalu mengantuk.

Buatlah kegiatan menggosok gigi menjadi menyenangkan, misalnya dengan memberikan sikat gigi yang berwarna-warni atau mengajaknya bernyanyi atau bercerita tentang perlunya kebersihan gigi sebelum tidur.

5. Ucapkan selamat tidur

Untuk memudahkan balita Anda pergi tidur ke kamarnya, biarkan anak Anda mengucapkan selamat tidur kepada hal-hal yang menurutnya penting, seperti orangtua, hewan peliharaan keluarga, atau boneka kesayangannya.

6. Membaca dongeng sebelum tidur

Anak-anak sangat menyukai dongeng pengantar tidur yang dibacakan oleh orang tuanya. Hal ini dapat membuat ikatan antara Anda dan anak semakin kuat. Biarkan anak memilih sendiri cerita yang ingin didengarnya.

Hindari memberikan buku dongeng yang melibatkan monster atau hantu. Dongeng sebelum tidur dapat memberikan ketenangan dan membuat anak rileks sampai dirinya merasa mengantuk dan jatuh tertidur.

7. Tidur yang nyenyak

Setelah anak tertidur, pastikan Anda merapikan selimutnya agar anak tidak kedinginan. Matikan lampu kamarnya agar tidur anak lebih lelap, tetapi jika balita Anda takut gelap, cukup redupkan saja pencahayaan di kamarnya. Hindari gangguan seperti suara yang berisik agar anak dapat tidur dengan pulas hingga bangun di pagi hari.