Hidup Sehat, Aktif Dan Bahagia Hingga Usia Lanjut

Hidup Sehat, Aktif Dan Bahagia Hingga Usia LanjutSaat kita hadir dalam acara pesta ulang tahun sahabat, atau kita sendiri yang tengah merayakan ulang tahun, pasti ada doa panjang umur yang diucapkan oleh para sahabat. Terima kasih tentu kita ucapkan atas perhatian bahwa dengan  doa yang tulus dari para sahabat, Tuhan berkenan memberikan kita umur panjang, juga sahabat yang tengah merayakan ulang tahun. Namun, pernahkan kita berpikir sejenak, bahwa panjang umur saja tidak cukup dalam hidup ini jika dalam perjalanan mengakhiri hidup di dunia yang fana, seseorang tidak bisa menikmati kesehatan dengan baik karena berbagai penyakit bersarang dalam tubuhnya.
Sangat kita syukuri dalam hidup ini jika sejak muda, saat ini dan saat menuju usia lanjut, kita dianugerahi Tuhan YME kesehatan yang baik dalam arti hidup sehat bugar sampai akhir hayat nanti. Memang  menikmati lanjut usia dengan tetap beraktivitas fisik layaknya usia produktif menjadi dambaan setiap orang. Hal itu tentu tidak mudah mengingat dalam perjalanan memelihara kesehatan yang prima, unsur negatif pemicu adanya penyakit berjalan pararel dengan pencarian arti kesehatan itu sendiri.
Artinya untuk hidup sehat tentu ada saja penyakit yang iseng mencoba menggoyahkan pertahanan badan kita yang selalu kita jaga agar tetap sehat. Misalnya datangnya musim pancaroba tentu akan mudah pula jenis penyakit tertentu masuk tubuh yang tengah tidak sehat.  Lalu ada radikal bebas yang menyerang manusia setiap hari bersumber dari polusi lingkungan yang kotor.
Untuk memenuhi nutrisi, susu bagi anak bisa memberi banyak manfaat untuk menunjang pertumbuhannya. Sayangnya, Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat konsumsi susu yang rendah.
Sumber radikal bebas yang dimaksud berasal dari polusi pabrik, rokok, emisi kendaraan bermotor, sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari, makanan yang tidak sehat, adanya bahan kimia yang mencemari makanan dan yang tak kalah hebat adalah polusi asap rokok yang terhisap oleh perokoknya sendiri juga orang lain yang diistilahkan perokok pasif.  Semua bentuk paparan dari radikal bebas tadi  sangat merugikan tubuh sehat yang meningkatkan terjadinya salah satu penyakit, yaitu resiko jantung koroner. Mekanisme terjadinya serangan ini karena radikal bebas masuk ke pembuluh darah, membuat lemak jahat melekat pada dinding pembuluh darah.
Akibatnya terjadinya penimbunan lemak jahat sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Kalau sudah begini maka pencegahan sejak dini adalah dengan meningkatkan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan si radikal bebas ini. Perlu diingat bahwa antioksidan adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menetralisasi radikal bebas bergentayang menyerang tubuh.
Saat antioksidan berada dalam tubuh, ia bereaksi dengan radikal bebas untuk menghasilkan ikatan yang stabil dan tidak membahayakan. Begitu pula saat masuk ke pembuluh darah, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas mencegah potensi terjadinya penimbunan lemak jahat penyebab  jantung koroner. Saat  antioksidan masuk pembuluh darah , akan bereaksi dan menetralisir  radikal bebas.

Asupan tubuh dengan minum susu harus memperhatikan kandungan vitamin dan mineral yang baik. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan komposisi yang disesuaikan kebutuhan tubuh. Saat ini sudah tersedia susu tinggi antioksidan penangkal radikal bebas yang beredar di pasar. Anda tinggal pilih saja.
Keberadaan antioksidan dalam tubuh belum cukup untuk menangkal radikal bebas seiring bertambahnya usia. Mengingat semakin bertambah usia, fungsi organ tubuh untuk menunjang aktivitas tubuh  semakin menurun. Akibatnya risiko terserang berbagai penyakit pun meningkat terutama penyakit degeneratif yang kita kenal dan akrab di telinga seperti penyakit jantung dan stroke, kanker, hipertensi, diabetes, kolesterol, obesitas dan satu lagi yang cukup ngegirisi selain jantung koroner yaitu osteoporosis.
Untuk itulah kebutuhan kalisum menjadi amat penting karena kalsium untuk menunjung tulang saja tidak cukup. Agar tetap sehat dan aktif bergerak dalam menjalankan banyak aktivitas setiap hari, kebutuhan kalsium bagi tubuh harus dicukupkan kebutuhannya. Tentu saja kita membutuhkan jantung sehat, antioksi dan untuk menangkal radikal bebas untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang tinggi.
Dalam menjalani pola hidup sehat, kita juga harus tetap memperhatikan asupan bagi tubuh. Pastikan kandungan yang terdapat di dalamnya benar-benar memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Salah satu contoh adalah konsumsi susu yang tidak saja tinggi kalsium untuk tulang yang kuat, juga baik untuk kesehatan jantung bebas kolesterol dan mampu menangkal radikal bebas.
Selain asupan yang penting bagi tubuh tadi demi mendapatkan kualitas hidup sehat yang diinginkan, tubuh pun digerakkan alias olahraga yang teratur, terukur waktunya, berkesinambungan dan masih banyak lagi pola hidup sehat yang harus dijalani seseorang. Dengan perpaduan yang tepat penggunaan asupan makanan, gaya hidup sehat dan aktif setiap hari, maka  hidup sehat di usia senja akan menjadi impian. Sehat dengan puasa pun berharap Anda semua bisa mencapainya dengan baik menuju usia senja, tetap sehat bugar nantinya.