Hubungan Antara Olahraga yang Tepat dengan Faktor Usia

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit, bukan saja datangnya dari faktor makanan sehat yang Anda konsumsi melaikan dengan melakukan olahraga juga salah satu penunjang tubuh menjadi lebih sehat.

hubungan-antara-olahraga-yang-tepat-dengan-faktor-usiaMendapatkan Tubuh sehat dan bugar dengan cara olahraga tentu alternatif yang paling banyak orang lakukan. Berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan apakah secara perorangan ataupun kelompok. Tentu saja semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi ada kalanya olahraga menjadi kurang tepat jika dilakukan tanpa persiapan latihan yang panjang sebelumnya. Bukannya kesehatan yang didapatkan melainkan cidera bagi Anda.

Melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan, juga harus diperhitungkan dengan usia Anda sebab usia yang tepat dengan olahraga yang tepat memberikan manfaat tersendiri. Lalu olahraga seperti apa yang tepat bagi Anda yang ingin memulai olahraga rutin sekarang dan tanpa menimbulkan efek samping? Berikut beberapa olahraga yang sesuai berdasarkan usia.

Usia 20 tahun

Usia seseorang yang masih 20 tahunan tentu kondisi fisiknya masih stabil untuk bergerak aktif dan membutuhkan energi yang lebih banyak. Sebab itu tubuh Anda juga terbiasa dengan banyak bergerak, sehingga cocok dengan olahraga yang aktivitas fisiknya banyak dan dalam durasi panjang. Misalnya saja bersepeda, marathon, fitnes, basket, bola, renang, bulutangkis, dan lainnya. Olahraga yang membutuhkan stamina dan fisik yang kuat ini cocok bagi mereka yang masih berusia muda.

Usia 30 tahun

Pada rentang usia ini, ada beberapa olahraga yang masih bisa dilakukan seperti rentang usia sebelumnya. Misalnya: lari, bersepeda dan berenang. Tetapi tentu saja, durasi dan lintasan tidak sebanyak seperti sebelumnya. Badminton dan tenis juga tidak masalah dilakukan, jika kita terbiasa melakukan sebelumnya. Rentang usia ini tidak perlu mengubah jenis latihan Anda, namun sebaiknya menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta gaya hidup tidak sehat seperti minum-minuman keras, merokok, bergadang, atau terlalu sering terpapar radiasi seperti gadget, telepon selular dan komputer.

Usia 40 tahun

Pada rentang usia ini ada beberapa orang yang masih melakukan olahraga serupa seperti sebelum-sebelumnya. Boleh-boleh saja jika sudah terbiasa dengan latihan ini sebelumnya, sehingga tenaganya dan kelenturannya masih bisa diandalkan untuk melakukan gerakan-gerakan seperti lari, lompat, dan lainnya. Tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa sebelumnya, pilih aktivitas yang tidak rentan menimbulkan kelelahan misalnya bersepeda dan jogging, karena sangat fleksibel dapat dilakukan kapan dan di mana saja kita ingin tanpa membutuhkan latihan khusus.

Apapun bentuk latihan fisik dan olahraga yang dilakukan, pastikan kondisi tubuh Anda melakukan penyesuaian sebelumnya. Jangan terburu-buru, jadwalkan dan lakukan secara rutin. Alangkah baiknya melakukan pemanasan sebelum olahraga, sehingga otot Anda tidak kaget dan kaku.

Namun yang terpenting, ingat bahwa tubuh sehat bukan hanya dipengaruhi fisik yang sehat, tetapi juga dilengkapi dengan jiwa dan pikiran yang sehat pula. Bebaskan diri Anda dari pikiran stres dan jangan lupa mengonsumsi makanan yang bergizi.