Ingat! Rematik dan Asam Urat Itu Berbeda

Ingat! Rematik dan Asam Urat Itu Berbeda
Ingat! Rematik dan Asam Urat Itu Berbeda

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Pada umumnya orang berpendapat bahwa rematik itu sama halnya dengan asam urat. Padahal sebenarnya asam urat adalah salah satu jenis rematik, tapi rematik bukan termasuk jenis asam urat.

Menurut Prof Dr Handono Kalim, MD, mengatakan bahwa asam urat merupakan bagian rematik, namun orang yang mengalami rematik bukan berarti disebabkan asam urat. “Sama halnya dengan demam dan malaria, orang malaria tentu demam namun orang yang demam belum tentu malaria”.

Rasa nyeri dan gejalan yang disebabkan oleh rematik dan asam urat memang memiliki kemiripan. Orang yang mengalami asam urat terkadang akan merasakan rasa nyeri sama halnya seperti rematik. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini berbeda.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini perbedaan rematik dan asam urat:

Faktor Penyebab

– 90% orang terkena rematik disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh, infeksi, pengapuran sendi, autoimun, dan lain sebagainya. Sedangkan,

– Asam urat hanya disebabkan kadar asam urat yang cukup tinggi dalam tubuh.

Daerah yang Diserang

– Rematik bisa terjadi di bagian bahu, pinggang, sendi, atau leher. Orang yang menderita rematik akan merasakan nyeri di bagian tersebut.

– Asam urat hanya menyerang di bagian persendian saja. Rasa nyeri di bagian kaki adalah gejela asam urat.

Kesimpulan

Anda bisa berkonsultasi ke dokter dengan melakukan pemeriksaan laboratorium agar rasa nyeri yang Anda rasakan itu disebabkan asam urat atau bukan. Karena kadar asam urat hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan di laboratorium.

Untuk penderita asam urat, sebaiknya menghindari makanan yang memiliki kandungan kadar purin tinggi, seperti melinjo serta jeroan hewan.