Kembar Tapi Lahir di Negara yang Berbeda

Anak kembarNorthumberland, Inggris, Anak kembar umumnya dilahirkan di tempat yang sama dan berjarak beberapa menit. Namun saudara kembar yang satu ini tergolong unik karena mesti dilahirkan dari rahim yang sama, dua kakak beradik ini lahir di negara yang berbeda dan memiliki kewarganegaraan yang berbeda pula.

Bayi kembar Dylan dan Hannah Fox akan tumbuh bersama, dengan kemiripan spesial yang dimiliki layaknya anak kembar. Duas saudara kembar ini memiliki banyak kesamaan, namun satu hal yang berbeda adalah kewarganegaraan.

Untuk sementara, Dylan berkewarganegaraan Inggris sedangkan saudara kembar perempuannya berkewarganegaraan Skotlandia. Dua bayi ini memang dilahirkan dalam waktu yang tak berbeda jauh, namun karena tinggal di perbatasan negara memungkinkannya dilahirkan di dua negara yang berbeda.

Sang ibu Donna Keenan (28 tahun) mulai merasa kontraksi di rumahnya di Northumberland, Inggris, dan melahirkan Dylan, putra kembarnya, di ruang keluarga kediaman neneknya.

Tapi karena bayinya lahir prematur, ia harus segera membawanya ke rumah sakit, yang berarti harus melewati perbatasan negara dengan Skotlandia. Hannah, putri kembarnya, lahir 1 jam 40 menit setelah kakak laki-laki, tapi di negara yang berbeda.

“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa dan Donna sangat brilian,” jelas pasangannya, Joe Fox (24 tahun), seperti dilansir Dailymail, Senin (9/7/2012).

Menariknya lagi, Donna Keenan merasakan kontraksi saat sedang menonton pertandingan bola final Euro 2012 dengan pasangannya dan orangtuanya di rumahnya di Northumberland, Inggris.

Semuanya terjadi begitu cepat sehingga paramedis pun harus membantu Donna melahirkan di ruang keluarganya. Dylan Joseph Fox lahir dengan selamat dengan berat 2,6 kg, tapi karena dia lahir sangat prematur, tenaga medis pun sempat cemas.

Petugas medis dan keluarganya merasa punya cukup waktu dan memutuskan untuk segera membawa Donna ke rumah sakit untuk melahirnya anak kembar keduanya. Kurang dari dua jam kemudian, Hannah Rose Fox pun lahir ke dunia dengan berat 2,2 kg.

“Joe dan saya telah memiliki putri, Jessica, yang sekarang sudah berumur 2,5 tahun. Waktu itu saya melahirkan selama 30 jam, sehingga tak pernah terbayangkan jika si kembar lahir begitu cepat,” tutup Donna Keenan.