Makanan Ini Baik Untuk Penderita Menopause

Makanan Ini Baik Untuk Penderita Menopause
Makanan Ini Baik Untuk Penderita Menopause

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Estrogen adalah hormon yang dibutuhkan oleh wanita. Hormon tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan seksual wanita.

Hormon estrogen paling diperlukan bagi mereka yang sudah memasuki usia menopause. Penyebab wanita mengalami pre-menopause sampai menopause adalah tingkat estrogen yang tidak normal. Jumlah estrogen yang diproduksi sangat banyak sehingga menimbulkan rasa kram dan insomnia.

Sedangkan jika kekurangan estrogen, akan mengalami osteoporosis, mudah lelah, tulang rapuh dan depresi. Biasanya para wanita menggunakan obat non-steroid agar hormon estrogen bisa normal kembali.

Namun, bukankah cara alami lebih menyehatkan daripada menggunakan obat-obatan. Jadi, cobalah berikut ini beberapa makanan yang kaya akan estrogen alami untuk mencegah efek menopause berlebihan.

Kedelai

Konsumsi kedelai rebus atau makanan berbahan kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.Selain itu, yoghurt dari kedelai, bermanfaat bisa juga menyeimbangkan tingkat estrogen.

Biji Rami

Biji rami sudah banyak dijualkan di toko biji-bijian. Biji rami kaya akan fitoestrogen atau lignan. Biji ini juga sering Anda jumpai pada campuran roti. Kandungan ligninnya sebanyak 85.5 mg dalam satu ons.

Biji Wijen

Biji wijen banyak mengandung phytoestrogen atau lignan. Bahkan, biji bunga matahari juga memberikan manfaat untuk menstabilkan kadar estrogen saat menopause.

Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kandungan isoflavon. Bawang putih juga bisa Anda langsung dikonsumsi atau digoreng. Minumlah air yang banyak jika mulut Anda berbau bawang.

Buah Aprikot, kurma dan prune

Buah aprikot, kurma dan prune banyak mengandung estrogen. Jika Anda susah menemukan buah-buah ini, Anda bisa beralih ke kurma.