Makanan Ini Bisa Mengatasi PMS

Makanan Ini Bisa Mengatasi PMS
Makanan Ini Bisa Mengatasi PMS

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Biasanya wanita akan mengalami PMS (premenstrual syndrome) setiap bulannya. Efek yang ditimbulkan seperti perubahan emosi, perut kembung, sakit kepala, dan kram di bagian perut.

Bagi Anda yang mengalami gejala PMS, disarankan untuk tidak mengkonsumsi junk food atau keripik kentang. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut makanan ini bisa mengatasi PMS.

Makanan Kaya Karbohidrat

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa makanan yang tinggi karbohidrat bisa mengingkatkan mood. Misalnya roti, buncis, kacang-kacangan, sereal dan pasta agar kadar serotonin bertambah. Tidak hanya itu, makanan yang mempunyai kandungan vitamin B, khususnya B6 bisa mengurangi sensitif dan depresi yang Anda rasakan.

Ikan

Mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk merasang produksi serotonim sehingga daya pikir Anda menjadi jernih. Misalnya ikan seperti sarden, salmon, dan tuna. Ikan-ikan ini mempunyai kalsium yang cukup tinggi yang dapat meredakan rasa kram dan gejala menstruasi. Anda juga bisa mengkonsumsi biji chia, walnut, dan biji flax untuk mengatasi mood selama PMS.

Makanan Kaya Magnesium

Makanan yang banyak mengandung magnesium bisa membuat otot-otot menjadi rileks dan menyeimbangkan hormon. Selain itu, magnesium juga berperang penting untuk mengurangi rasa kesal, tegang, dan kram. Misalnya biji pumpkin, pisang, bayam, beras merah, kacang tanah, dan lain sebagainya.

Coklat

Selain rasanya yang nikmat, coklat juga mengurangi gejala PMS. Coklat mempunyai zat endorphin yang bisa mengurangi kecemasan dan kandungan magnesiumnya membantu Anda dalam memperbaiki mood dan mengurangi retensi air.