Makanan yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Makanan yang Dianjurkan Untuk Ibu HamilSaat istri Anda sedang hamil,tentu itu adalah hal yang paling mengembirakan bagi Anda suaminya. Maka dari itu, Anda harus memenuhi kebutuhan gizi istri Anda yang sedang hamil.

Karena wanita hamil sangat membutuhkan gizi yang lebih banyak untuk dirinya sendiri dan perkembangan bayinya. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini:

Telur

Telur memiliki vitamin, mineral dan kolin yang cukup tinggi. Kolin yang terdapat pada telur bermanfaat untuk pertumbuhan bayi dan kesehatan otak. Selain itu, telur juga memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk pengembangan penglihatan si bayi. Namun, Anda harus menghindari mengkonsumsi telur mentah, apapun itu alasannya.

Daging

Daging yang baik untuk ibu hamil adalah ayam dan sapi karena mengandung protein yang tinggi. Namun, daging harus benar-benar matang sebelum Anda konsumsi. Sedangkan untuk daging olahan seperti sosis, masih bisa Anda konsumsi namun juga harus benar-benar matang.

Ikan

Ikan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah ikan salmon, makarel dan ikan sarden, karena memiliki kandungan protein dan omega-3. Selain itu, memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit dibanding ikan jenis lainnya. Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon 12 ons perminggu. Namun, Anda harus tetap menghindari mengkonsumsi ikan yang setengah masak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan omega-3, vitamin B12 dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan syaraf, otak dan kesehatan mata si janin. Kandungan protein dan serat dalam kacang buncis sangat baik untuk pencernaan. Sedangkan kacang polong kaya akan vitamin K yang bermanfaat kesehatan tulang.

Sayuran Warna Hijau

Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan vitamin A, K, C, zat besi dan folat, yang baik untuk ibu hamil. Misalnya brokoli, bayam sawi, dan lain sebagianya.

Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin, mineral, kalium dan antioksidan. Namun Anda harus ingat bahwa ada beberapa buah yang wajib dihindari saat hamil, seperti nenas, pepaya, dan wijen.

Susu Dan Produk Olahan Susu

Tentu ibu hamil harus mengkonsumsi susu. Karena susu memiliki kandungan kalsium, protein, vitamin D, dan omega-3, yang baik untuk pertumbuhan tulang, mata dan otak.