Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Tifus

Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Tifus
Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Tifus

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Penyakit tifus adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia. Penyebabnya adalah lingkungan yang tidak bersih dan bakteri yang menginfeksi sistem pencernaan. Saat terkena penyakit tifus, daya tahan tubuh akan melemah.
Jadi ada beberapa jenis makanan yang Anda jauhi.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini;

Sumber Karbohidrat

Penyakit tifus menyerang di bagian pencernaan, jadi Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan seperti beras ketan, beras merah, roti whole wheat, ubi, jagung, singkong, talas, tarcis dan kue dengan rasa manis. Namun, Anda masih bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti bubur, roti yang lunak, kentang, dan makanan yang dibubur.

Sayur berserat Tinggi

Sayuran yang mengandung serat tinggi sebaiknya Anda jauhi seperti daun pepaya, daun katuk, daun singkong, daun melinjo, dan timun. Selain itu, sayuran yang belum dimasak juga tidak diperbolehkan.

Kacang-Kacangan

Penderita penyakit tifus tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi semua jenis kacang-kacangan.

Buah-Buahan

Ada beberapa jenis buah yang harus dihindari penderita tifus. Misalnya buah asam, nangka, durian, apel, jambu biji, jeruk dan lain sebagainya.

Sumber Protein Hewani

Sumber protein hewani seperti daging kambing, sapi, ayam, ikan kaleng dan ikan asin, sebaiknya Anda hindari. Namun, Anda bisa mengkonsumsi sumber protein yang mempunyai tekstur lunak.