Makanan Yang Wajib Dihindari Pada Awal Kehamilan

Makanan Yang Wajib Dihindari Pada Awal Kehamilan
Makanan Yang Wajib Dihindari Pada Awal Kehamilan

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Selama kehamilan, Anda disarankan untuk memperhatikan dalam segala hal termasuk soal makanan. Ada beberapa makanan wajib dihindari karena bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kandungan.

Perlu Anda ketahui bahwa saat hamil beberapa hormon pada tubuh akan meningkat sehingga merangsang nafsu makan lebih besar. Namun, Anda harus memilih makanan yang benar-benar aman dan bebas bakteri.

Apalagi saat kehamilan berusia 2 bulan dimana masa pertumbuhan embrio dan perubahan kesehatan yang dialami ibu hamil. Memasuki trimester pertama, mood Anda akan berubah dengan cepat disertai rasa mual dan nafsu makan yang begitu besar alias ngidam.

Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini makanan yang wajib dihindari pada awal kehamilan:

Daging Tidak Matang

Jangan pernah mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang. Misalnya seperti daging burger karena memiliki bakteri Listeria yang dapat berakibat buruk pada si janin. Maka dari itu, pastikan daging yang Anda konsumsi benar-benar matang.

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Proses pasteurisasi atau memanaskan susu pada suhu tertentu akan membunuh mikroorganisme. Susu yang tidak dipasteurisasi memiliki bakteri salmonella yang dapat berakibat buruk pada ibu hamil, seperti masalah pada saluran pencernaan.

Keju Lunak

Hindari mengkonsumsi keju lunak diproduksi tanpa proses pasteurisasi. Misalnya seperti blue cheese, camembert, feta, brie, dan Mexican-style cheese. Keju tersebut memiliki bakteri E.coli yang bisa menimbulkan infeksi serius pada janin.

Hati

Hindari juga mengkonsumsi hati, karena hari memiliki vitamin A pada hati yang membentuk retinol sehingga akan menyebabkan keguguran. Selain itu, mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah yang banyak mengakibatkan bayi lahir cacat dan toksisitas hati.