Manfaat Dan Efek Samping Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Efek Samping Sinar Matahari Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Sinar Matahari Bagi Kesehatan

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Memang, sinar matahari bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Apalagi lagi jika terlalu sering mengenai kulit bisa mengakibatkan kanker kulit. Namun, apakah Anda tahu bahwa sinar matahari juga mempunyai manfaat bagi manusia.

Hal ini dikarenakan sinar matahari kaya akan UV dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Mengobati Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang pada bagian kulit.Paparan sinar UV sangat efektif dalam pengobatan penyakit psoriasis.

Memperkuat Tulang

Vitamin D diperlukan dalam pertumbuhan dan memperkuat tulang. Jadi biarkan tubuh Anda terkena sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda. Vitamin D sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah kanker usus besar.

Berikut efek samping sinar matahari:

Sebabkan katarak

Selain menyebabkan kanker kulit, sinar UV juga tidak baik bagi mata. Hal ini dikarenakan sinar UV bisa menyebabkan reaksi oksidasi pada lensa mata sehingga akhirnya memicu keruh atau katarak.

Penuaan dini

Sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Apalagi Anda tidak memakai pelindung kulit saat beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu lama.