Masa Kehamilan Perlu Relaksasi

Relaksasi Ibu HamilWanita yang sedang hamil akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan sebaik-baiknya. Selain itu mereka juga berusaha untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan wanita tersebut dan janin dalam kandungannya. Selama masa kehamilan, hal ini menjadi tugas yang harus dilakukan wanita hamil. Beberapa wanita hamil yang memiliki aktivitas yang cukup berat terkadang tidak memiliki waktu untuk melakukan relaksasi. Masa-masa kehamilan memang masa yang menyenangkan sekaligus berat. Tetapi bukan berarti wanita yang sedang hamil tidak bisa menikmati waktu untuk dirinya sendiri. Saat menjalani masa kehamilan, wanita juga perlu melakukan relaksasi. Anda tidak usah pergi keluar rumah jika ingin berelaksasi karena beberapa tips berikut ini khusus dibagikan untuk para wanita hamil.

  1. Nikmati waktu sendiri! Olahraga selama masa kehamilan bagus untuk Bunda dan  untuk bayi dalam kandungan: si Kecil memperoleh makanan yang cukup dari peredaran darah Bunda yang lancar dan baik. Jadi usahakan sebanyak mungkin berjalan-jalan di udara terbuka. Berenang adalah olahraga yang baik. Hindari olahraga yang rentan guncangan, seperti lari/jogging atau berkuda.
  2. Perhatikan postur tubuh. Berjalan atau berdiri dengan punggung membungkuk akan menimbulkan sakit punggung. Jangan memakai sepatu berhak tinggi, jangan meregang lutut terlalu sering dan jangan melakukan gerakan tiba-tiba selama masa kehamilan.
  3. Ikuti kegiatan senam hamil, yoga dan renang. Ini sehat dan membuat nyaman. Bunda bisa belajar santai dan semua persiapan melahirkan dengan tenang.
  4. Bersantai dan tidur sejenak jika menginginkannya. Postur tidur yang baik adalah tidur dengan posisi menyamping/miring, dengan lutut sisi atas menekuk. Letakkan bantal untuk menyangga perut dan lutut yang ditekuk.
  5. Manjakan diri, makan di luar rumah atau pergi ke salon/spa. Jika pergi liburan: pergi menggunakan pesawat terbang dapat dilakukan hingga kandungan berusia 7 bulan. Beri diri sendiri sedikit kemewahan dan nikmati masa kehamilan!