Mata Perih Karena Melihat Monitor Terus Menerus?

Mata Perih Karena Melihat Monitor Terus MenerusBagi anda yang setiap hari harus bekerja dengan komputer dan berhadapan dengan monitor setiap hari, maka anda patut mewaspadai segala resikonya. Mengantuk, badan pegal, lemas, itu masih reaksi yang wajar. Namun, hati-hatilah jika mata anda sampai menjadi perih.

Frekuensi bekerja yang tinggi di depan monitor memang dapat menyebabkan mata anda lelah. Bayangkan, sekitar selama 9 jam anda terus melihat monitor, Tentunya mata pun kan perih. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan.

Perhatikan pencahayaan anda dalam ruangan anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata, Sebab mata anda akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus, yaitu cahaya dari lampu dan layar monitor.

Untuk menanggulangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Gunakanlah filter yang bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor, tetapi juga mampu mengurangi pengaruh radiasi.

Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik. Jika gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip, atau tidak nyaman bagi mata anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Gunakanlah monitor yang rendah radiasi, seperti LCD.

Aturlah komposisi warna pada monitor anda. Redupkanlah brightness,  kontras, maupun warna menjadi hanya kira-kira sepertiganya saja. Warna yang tidak terlampau terang dapat membantu mata agar tidak perlu bekerja terlalu keras.

Jika anda harus bekerja sambil membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Tujuannya adalah agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan antara membaca kertas kerja dan melihat monitor anda.

Aturlah jarak antara layar monitor dengan mata anda sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata. Selain tidak melelahkan mata anda, posisi ini juga dapat menjaga bahu dan leher anda cukup nyaman ketika bekerja.

Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran font huruf yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca huruf yang kecil pada monitor.

Istirahatkanlah mata anda kira-kira sepuluh menit setiap dua jam berada di depan monitor. Sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan nyaman.