Memanfaatkan Susu Untuk Pertumbuhan Anak

Susu Untuk PertumbuhanSusu dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi anak. Tak hanya untuk pemenuhan nutrisi, susu juga dibutuhkan anak untuk menjaga kesehatannya hingga dewasa. Berikut ini keuntungan membiasakan si kecil minum susu sejak dini.

Tulang Sehat :

Susu dan produk olahan susu adalah penyedia kalsium, fosfor, magnesium, dan protein, yang masing-masing esensial untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang yang sehat. Minum susu sejak kecil dan sepanjang hidup bisa membantu membuat tulang kuat dan memproteksinya dari berbagai penyakit, seperti osteoporosis (tulang keropos) hingga lanjut usia.

Gigi Sehat :

Jumlah kalsium dan fosfor yang ada dalam produk susu juga baik untuk perkembangan dan menjaga kesehatan gigi. Dengan minum susu, gigi akan terlindungi dari ancaman kerusakan gigi akibat asam mulut. Ini bisa terjadi berkat kandungan casein yang berlaku sebagai lapisan tipis pelindung enamel.

Obesitas :

Mereka yang sering minum susu dan makanan olahan susu bisa mempertahankan bentuk tubuh yang ideal.Minum susu dan makan produk olahan susu sebagai bagian dari diet dengan kalori terkontrol diketahui mampu mengurangi berat badan, terutama di sekitar perut. Mekanismenya memang

belum terlalu jelas, namun tampaknya berkaitan dengan jumlah kalsium yang terkandung dalam susu dan produk olahannya. Ternyata mitos yang mengatakan minum susu bikin gemuk tak benar, asal minum susu masih dalam jumlah yang wajar dan tepat. Jadi, supaya bahaya obesitas tidak mengintai si kecil, biasakan si kecil minum sususejak dini, ya.

Mencegah resiko Diabetes Tipe 2 :

Studi mengungkapkan, minum susu rendah lemak secara rutin bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penyakit diabetes type 2 saat ini sudah banyak menghinggapi anak-anak. Dengan jumlah dan kadar yang tepat bisa membantu menjaga si anak jauh dari penyakit ini. Diperkirakan, hubungan antara mengkonsumsi susu dan menurunnya risiko diabetes tipe 2 adalah karena adanya kandungan kalsium dan magnesium dalam susu, atau bisa pula karena produk olahan susu memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya bisa mengkontrol level gula darah.

Cairan Tubuh :

Sering kita dengar, untuk terus menjaga hidrasi tubuh, disarankan untuk minum air setidaknya 6-8 gelas per hari. Dalam keadaan dehidrasi, kita akan merasa sulit berkonsentrasi dan kehilangan daya mengingat, mudah marah, serta tak enak badan. Minum susu adalah salah satu alternatif terbaik untuk menghidrasi tubuh. Satu penelitian terkini dari Amerika mengatakan, minum susu cokelat membantu mengisi kembali cairan tubuh setelah lelah beraktivitas. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan susu untuk si kecil setiap ia usai beraktivitas, ya.

Minum Susu Sebagai Kudapan Sehat :
Di masa pertumbuhannya, anak-anak sangat mudah terserang rasa lapar, terutama jika mereka termasuk yang aktif atau gemar berolahraga. Kudapan merupakan cara yang paling tepat untuk memuaskan rasa lapar tersebut, sekaligus mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, yang harus diperhatikan adalah jenis makanan yang tepat sebagai kudapan mereka. Anda tentu tidak ingin anak Anda malah terserang penyakit akibat salah memilih kudapan, khan?!Susu dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi anak. Tak hanya untuk pemenuhan nutrisi, susu juga dibutuhkan anak untuk menjaga kesehatannya hingga dewasa. Berikut ini keuntungan membiasakan si kecil minum susu sejak dini.

Tulang Sehat : Susu dan produk olahan susu adalah penyedia kalsium, fosfor, magnesium, dan protein, yang masing-masing esensial untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang yang sehat. Minum susu sejak kecil dan sepanjang hidup bisa membantu membuat tulang kuat dan memproteksinya dari berbagai penyakit, seperti osteoporosis (tulang keropos) hingga lanjut usia.

Gigi Sehat : Jumlah kalsium dan fosfor yang ada dalam produk susu juga baik untuk perkembangan dan menjaga kesehatan gigi. Dengan minum susu, gigi akan terlindungi dari ancaman kerusakan gigi akibat asam mulut. Ini bisa terjadi berkat kandungan casein yang berlaku sebagai lapisan tipis pelindung enamel.

Obesitas : Mereka yang sering minum susu dan makanan olahan susu bisa mempertahankan bentuk tubuh yang ideal.Minum susu dan makan produk olahan susu sebagai bagian dari diet dengan kalori terkontrol diketahui mampu mengurangi berat badan, terutama di sekitar perut. Mekanismenya memang

belum terlalu jelas, namun tampaknya berkaitan dengan jumlah kalsium yang terkandung dalam susu dan produk olahannya. Ternyata mitos yang mengatakan minum susu bikin gemuk tak benar, asal minum susu masih dalam jumlah yang wajar dan tepat. Jadi, supaya bahaya obesitas tidak mengintai si kecil, biasakan si kecil minum sususejak dini, ya.

Mencegah resiko Diabetes Tipe 2 : Studi mengungkapkan, minum susu rendah lemak secara rutin bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penyakit diabetes type 2 saat ini sudah banyak menghinggapi anak-anak. Dengan jumlah dan kadar yang tepat bisa membantu menjaga si anak jauh dari penyakit ini. Diperkirakan, hubungan antara mengkonsumsi susu dan menurunnya risiko diabetes tipe 2 adalah karena adanya kandungan kalsium dan magnesium dalam susu, atau bisa pula karena produk olahan susu memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya bisa mengkontrol level gula darah.

Cairan Tubuh : Sering kita dengar, untuk terus menjaga hidrasi tubuh, disarankan untuk minum air setidaknya 6-8 gelas per hari. Dalam keadaan dehidrasi, kita akan merasa sulit berkonsentrasi dan kehilangan daya mengingat, mudah marah, serta tak enak badan. Minum susu adalah salah satu alternatif terbaik untuk menghidrasi tubuh. Satu penelitian terkini dari Amerika mengatakan, minum susu cokelat membantu mengisi kembali cairan tubuh setelah lelah beraktivitas. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan susu untuk si kecil setiap ia usai beraktivitas, ya.

Minum Susu Sebagai Kudapan Sehat

Di masa pertumbuhannya, anak-anak sangat mudah terserang rasa lapar, terutama jika mereka termasuk yang aktif atau gemar berolahraga. Kudapan merupakan cara yang paling tepat untuk memuaskan rasa lapar tersebut, sekaligus mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, yang harus diperhatikan adalah jenis makanan yang tepat sebagai kudapan mereka. Anda tentu tidak ingin anak Anda malah terserang penyakit akibat salah memilih kudapan, khan?!