Mengatasi Linu Pada Area Paha

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Timbulnya masalah pada anggota tubuh tentu karena adanya penyebab tertentu yang mendasari seperti halnya dengan apa yang akan kami bahas pada kesempatan ini yaitu terjadinya rasa ngilu pada area paha.

Adanya rasa sakit pada bagian tubuh merupakan tanda yang menunjukkan bahwa adanya sesuatu yang tidak beres pada area tersebut. Terlihat seperti kebiruan disertai bengkak begitu juga rasa linu di paha dapat timbul karena beberapa faktor seperti posisi kaki yang salah, dan juga karena adanya beberapa kelainan.

Mengatasi Linu Pada Area PahaPaha yang terasa linu tentu sangat mengganggu selain terasa sakit juga dapat menghambat aktivitas Anda. Dengan mengetahui masalahnya, Anda dapat segera melakukan pengobatan sehingga dapat mencegah kondisi ini menjadi lebih parah.

Adapun penyebab sehingga Anda merasakan sakit seperti ditusuk jarum di area paha Anda pemicunya karena peredaran darah yang tidak tepat. Berikut ini informasi kesehatan akan mengulas beberapa pemicu sehingga paha Anda terasa seperti ditusuk jarum dan linu:

Duduk terlalu lama

Rasa sakit pada area paha disebabkan karena Anda mungkin duduk terlalu lama. Duduk yang terlalu lama dapat menghambat peredaran atau sirkulasi darah selain itu paha juga dapat mati rasa. Cobalah untuk berganti posisi atau berjalan-jalan, agar sirkulasi akan kembali pulih dan rasa sakit akan segera hilang.

Ketegangan otot

Sakit paha mendadak, dan rasa seperti ditusuk di paha saat berjalan dapat dipicu karena ketegangan otot. Hal ini juga dapat diakibatkan karena hamstring yang tertarik, yang dapat terjadi di bagian belakang paha.

Melakukan aktivitas berat

Jika otot dan ligamen menjadi lemah, maka ini akan lebih rentan terhadap ketegangan dan keseleo. Kelelahan karena aktivitas berat atau berolahraga, juga menjadi faktor yang bertanggung jawab adanya rasa sakit di kaki.

Simfisis Pubis Dysfunction

Selama kehamilan, nyeri paha dapat menjadi salah satu efek dari peregangan tulang panggul, suatu kondisi yang disebut Simfisis Pubis Dysfunction. Tubuh akan menghasilkan hormon yang disebut relaxin, yang mengendurkan ligamen dan mempersiapkan daerah panggul untuk kelahiran. Namun, dapat saja terjadi kelebihan produksi hormon dan menyebabkan rasa sakit.

Tumor pada tulang

Penyebab lain untuk rasa sakit di paha adalah pertumbuhan tumor pada tulang, fraktur pada tulang paha, tendinitis, kelainan saraf yang disebut meralgia paresthetica, dsb.

Adapun untuk pengobatan kami berikan beberapa solusi yaitu pengobatan klinis dan pengobatan secara tradisional

Pengobatan klinis

Jika anda telah melakukan pengobatan sendiri dan terbukti tidak bermanfaat, maka yang anda perlukan adalah intervensi medis.

  • Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit dan obat anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit. Obat seperti ibuprofen dan aspirin akan membantu dalam meringankan ketegangan otot dan mengurangi peradangan.
  • Pada kasus paha bengkak karena ketegangan otot, dokter mungkin menyarankan untuk pembalut atau deker pada paha dan perban elastis untuk mengurangi pembengkakan. Olahraga kecil juga mungkin dianjurkan untuk membantu otot-otot yang sakit guna mendapatkan kembali kekuatan dan fleksibilitasnya.
  • Pada kasus yang parah, dimana terjadi pertumbuhan tumor atau benjolan atau juga jika terdapat gangguan serius lainnya, dokter mungkin memilih untuk terapi intensif dan bahkan operasi untuk menghilangkan rasa sakit sepenuhnya.

Pengobatan tradisional

Linu di kaki, yang dapat menyebar ke paha dan punggung bawah, akan memerlukan pengobatan. Jika terlambat dalam mengobati masalah ini, rasa sakit dapat meningkatkan intensitas dan menghambat rutinitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit:

Penerapan kompres dingin atau panas pada daerah yang terkena dapat meminimalkan rasa sakit pada paha. Jika terjadi pembengkakan, cara ini juga dapat memberikan bantuan dengan baik.

Cara lain yang efektif dan populer adalah dengan beras kencur. Aplikasi ramuan beras kencur direkomendasikan oleh dokter di seluruh dunia.

Berendam dalam air hangat dengan garam adalah obat tradional yang efektif untuk mengatasi linu di paha dan kaki. Anda juga dapat merendam kaki anda dalam ember air hangat untuk mengendurkan otot-otot yang sakit.

Memijat paha dan kaki juga akan membantu mengurangi rasa sakit pada otot dan menyembuhkan paha yang sakit. Untuk memijat, anda dapat menggunakan campuran minyak cengkeh dan minyak kelapa dan menerapkannya pada daerah yang sakit. Ramuan kuno ini akan membantu memancarkan kehangatan dan meredakan sakit otot. Memijat seluruh kaki dengan minyak pohon teh juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot. Ulangi proses pemijatan ini sampai sakit pada paha benar-benar menghilang.

Apapun menjadi alasan untuk linu di paha, diperlukan obat yang sesuai untuk mengurangi intensitas rasa sakit.