Mengenal Gejala-Gejala Liver Yang Rusak

Mengenal Gejala-Gejala Liver Yang RusakLiver atau hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Liver memiliki banyak fungsi dalam tubuh, diantaranya menghasilkan cairan empedu, mengatur hemoglobin, dan menyaring racun di dalam darah.

Saat liver mengalami masalah maka tentunya tubuh juga akan bermasalah. Coba Anda bayangkan jika racun di dalam darah tidak disaring sehingga mengontaminasi tubuh, lalu racun tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada liver, misalnya menjalankan pola makan yang tidak sehat dan mengkonsumsi alkohol.

Untuk mengetahui bahwa liver Anda mengalami masalah? Seperti dilansir dari beberapa sumber kesehatan:

Warna Kuning

Saat Anda melihat ada warna kuning pada bagian mata, tangan, kulit tubuh dan juga kuku itu bertanda kalau liver Anda bermasalah. Selain itu juga, urine yang berwarna kuning pekat itu berarti kalau cairan empedu terlalu banyak.

Jika Anda melihat gejala seperti ini, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Mual-mual

Gejala lainnya adalah rasa mual dan muntah dalam waktu yang lama. Karena kelebihan cairan empedu akan menyebabkan Anda mual. Dan biasanya disertai dengan muntah darah.

Pembengkakan Pada Perut

Saat mengalami pembengkakan pada perut, sebaiknya Anda waspada. Pembengkakan yang terjadi di perut bisa berbagai faktor, salah satunya kerusakan pada liver yang parah.

Rasa Kantuk

Ketika liver dalam kondisi tidak baik, maka rasa kantuk akan sering muncul. Bahkan disertai gejala lain di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Respon Melambat

Mengalami penurunan fungsi otak adalah gejala bahwa liver Anda mengalami masalah. Saat Anda merasakan hal seperti ini, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan medis.