Mengenal Lebih Dekat Penyakit ISPA

Mengenal Lebih Dekat Penyakit ISPA
Mengenal Lebih Dekat Penyakit ISPA

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Infeksi saluran pernapasan (ISPA) biasanya melibatkan organ saluran pernapasan seperti hidung, sinus, faring atau laring. Adapun ciri-ciri tubuh jika terkena penyakit ini adalah merasakan pegal, sakit kepala, batuk dan sakit tenggorokan. Perlu Anda ketahui bahwa ISPA merupakan virus, bakteri dan jamur.

Hal ini diperjelas oleh beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa pada umumnya ISPA dikarenakan oleh virus rhinovirus, respiratory syncytial virus dan penyakit influenza. Virus influenza sendiri dapat terjadi saat musim pancaroba dimana daya tahan tubuh manusia menjadi lemah sehingga rentan terhadap penyakit ISPA.

Untuk mengatasi penyakit ISPA bisa dengan cara pemberian antibiotik. Mengkonsumsi antibiotik bisa memudahkan penyembuhan dibanding obat symptomatic. Namun, penggunaan obat antibiotic harus berhati-hati karena bisa saja terjadi resistensi bacterial/kuman di kemudian hari. Ingat, jika penyakit ISPA disertai dengan batuk dan ingus yang sudah menjadi hijau, maka segera berikan antibiotik.

Penularan jenis penyakit ini melalui udara yakni percikan lendir (droplet) yang keluar dari si penderita ISPA, maka dari itu biasakan untuk selalu menutup mulut saat bersin.

Agar Anda terhindar dari penyakit ISPA, sebaiknya menerapkan pola hidup yang sehat seperti, mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup dan berolahraga.