Mengenal MERS, Penyakit Flu Arab

INFORMASI-KESEHATAN.NET – MERS adalah penyakit yang disebabkan oleh Corona virus yang disebut Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov).

Insiden MERS pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi. Penyakit MERS ini juga biasa disebut sebagai flu Arab. Pada kurun waktu tiga bulan, sejak April sampai dengan Juni 2013, jumlah infeksi MERS-Cov di dunia tercatat sebanyak 64 kasus dengan 38 kematian.

Penyakit MERS
Mengenal Penyakit MERS

MERS menyerang saluran pernapasan yang menyerupai sakit flu biasa, mulai dari yang ringan hingga berat. Gejalanya adalah demam, batuk dan sesak nafas, dan bersifat akut. Sebagian besar penyakit MERS dilaporkan terjadi pada usia di atas 50 tahun dan sebagian besar terjadi pada laki-laki.

Virus MERS-Cov ini tidak sama dengan corona virus penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), namun mirip dengan corona virus yang terdapat pada kelelawar.

Cara Penularan MERS

Penyakit MERS dapat menular antar manusia secara terbatas, dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia yang berkelanjutan. Kemungkinan penularannya dapat melalui kontak langsung melalui percikan dahak (droplet) pada saat pasien batu atau bersin, maupun secara tidak langsung melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus MERS-Cov.

Cara Pencegahan dan Pengobatan MERS

Hingga saat ini, belum ada vaksin yang tersedia. Pengobatan anti viral yang bersifat spesifik belum ada, dan pengobatan yang dilakukan tergantung dari kondisi pasien.

Pencegahan dengan PHBS (pola hidup bersih dan sehat), menghindari kontak erat dengan penderita, menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan etika batuk ketika sakit.