Minuman Penyebab Noda di Gigi Selain Kopi

Minuman Penyebab NodaBanyak orang menghindari kopi hanya karena takut ada bercak noda tertinggal di gigi putihnya. Padahal bukan cuma kopi saja, ada beberapa jenis minuman lain yang sama-sama meninggalkan noda ketika terlibat kontak dengan permukaan gigi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan minuman bisa meninggalkan noda di gigi. Di antaranya adalah sifat asam, kandungan chromogen atau pigmen yang memberi warna pada buah atau tanaman serta kandungan tannin yang membuat chromogen makin mudah menempel di gigi.

Meski menyebabkan noda di gigi, bukan berarti minuman berikut ini harus dihindari sama sekali. Ada banyak cara untuk mengurangi noda yang menempel di gigi, antara lain dengan menggunakan sedotan saat minum atau segera membilas gigi dengan minum air putih setelah minum minuman penyebab noda gigi.

Minuman yang bisa menyebabkan gigi bernoda selain kopi antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari WebMD, Minggu (15/7/2012).

1. Wine atau anggur
Bukan cuma anggur merah saja, anggur putih pun bisa menyebabkan noda di gigi meski tidak secara langsung. Menurut sebuah penelitian di New York University, teh dan minuman lain akan meninggalkan lebih banyak noda di gigi jika sudah lebih dulu terpapar anggur putih.

2. Teh
Sebagian besar teh punya kandungan chromogen dan tannin, 2 senyawa penyebab noda di gigi. Namun dari berbagai jenis teh, teh hitam terbukti paling banyak memicu noda di gigi bahkan bekas nodanya disebut-sebut lebih banyak dibandingkan kopi.

3. Minuman bersoda
Sifat asam pada minuman bersoda atau berkarbonasi merupakan salah satu penyebab noda di gigi, selain tentu saja kandungan zat pewarnanya. Bahkan yang pewarnanya tidak banyak, sifat asamnya membuat makanan dan minuman lain jadi lebih mudah meninggalkan noda.

4. Minuman berenergi
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Mark S Wolff dari New York University menunjukkan bahwa kebanyakan minuman berenergi bisa meninggalkan noda di gigi. Sama seperti minuman bersoda, penyebabnya antara lain adalah sifatnya yang relatif asam.

5. Jus berry
Buah-buahan berbiji banyak atau golongan beri-berian seperti blueberry, cranberry, cherry, anggur dan juga buah delima merupakan golongan buah yang menyebabkan gigi bernoda. Bukan cuma buah dalam bentuk segarnya, bahkan ketika dibuat jus maka risiko meninggalkan noda di gigi akan tetap ada.