Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Sariawan dengan nama lain stomatitis aftosa merupakan kelainan pada selaput lendir di mulut. Meskipun bukan penyakit berbahaya, namun bisa membuat Anda kesakitan. Misalnya saat mengunyah, berbicara, dan menelan makanan. Nah untuk mengatasi sariawan sebaiknya menggunakan obat alami agar tetap aman. Obat alami tersebut seperti berikut ini;

Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan
Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

Air Kelapa

Air kelapa memiliki khasiat yang sama dengan susu sapi. Seperti halnya meredakan panas, sistem pencernaan, dan mencegah dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga bisa mengurangi terjadinya sariawan.

Daun Basil

Daun basil sangat efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mengatasi sakit kepala, mengatasi peradangan, mengurangi racun dan sariawan. Karena basil dapat membunuh bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan. Caranya dengan merebus daun basil, lalu minum airnya.

Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang ampuh dalam mengatasi sakit gigi dan sariawan. Caranya dengan mengoleskan kapas pada sariawan yang sudah dicelupkan pada air garam. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Minyak Pappermint

Sariawan disebabkan peradangan di dalam mulut. Hal ini bisa Anda obati dengan minyak peppermint. Caranya dengan mengoleskan langsung minyak peppermint pada sariawan selama 15 menit.

Mengkonsumsi Vitamin

Kekurangan asupan vitamin B, C, asam folat dan zat besi juga bisa mendatangkan sariawan. Maka dari itu, konsumsilah buah-buah yang kaya akan nutrisi seperti jeruk, jamu air, pisang, tomat, dan lain sebagainya. Cara ini cukup efektif mencegah sariawan.