Resiko Mengikuti Program Bayi Tabung

INFORMASI-KESEHATANNET – Kehamilan yang diperoleh dari program bayi tabung memang sangat membantu bagi pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan. Namun disisi lain, program pembentukan bayi tabung mempunyai resiko yang berbahaya.

Resiko Mengikuti Program Bayi Tabung
Resiko Mengikuti Program Bayi Tabung

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini;

Resiko kehamilan multipel serta kelahiran prematur

Program bayi tabung tentunya melakukan implantasi lebih dari satu embrio kedalam rahim. Kehamilan ini dinamakan multiple sehingga meningkatkan resiko lahir prematur.

Risiko sindroma hiperstimulasi ovarium

Adanya pemberian obat penyubur yang dikonsumsi untuk penginduksi ovulasi. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan sindrom hiperstimulasi ovarium. Ciri-cirinya adalah mengalami pembengkakan di bagian ovarium dan terasa sangat nyeri.

Keguguran

Kemungkinan mengalami keguguran sebesar 15-20%. Karena embrio tersebut telah dibekukan sebelumnya melakukan program bayi tabung.

Terjadinya komplikasi saat prosedur pengambilan sel telur

Pengambilan sel telur yang menggunakan jarum bisa saja menyebabkan pendarahan, infeksi, kerusakan pada usus, kandung kemih dan pembuluh darah.

Peningkatan risiko kanker ovarium

Meskipun pemberian obat ini bertujuan untuk memberikan stimulasi bagi pertumbuhan sel telur. Namun dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.