Sansivieria Untuk Kesehatan Udara

sansieveraTak hanya indah pandang, Sansivieria juga memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Selain menyerap polusi, sansivieria bahkan diindikasi bisa mengobati sifilis (raja singa).

Lien Sultan Said mengungkapkan, penelitian badan antariksa Amerika Serikat, NASA, 20 tahun lalu menyebutkan, Sansivieria bisa menyerap 107 jenis polutan. “Sansivieria, terutama jenis Lorentii, mampu menyerap polusi dan bau, sehingga bisa letakkan di dalam rumah,” kata pemilik Oma Lien Nursery ini.

“Jika kulkas atau mobil Anda berbau kurang sedap, cukup potong daun Lorentii dan letakkan di dalam kulkas atau mobil. Dalam beberapa hari, daun tersebut akan menyerap bau tak sedap tadi,” tuturnya.

Selain menyerap polutan, tambah Lien, Sansivieria juga bisa dijadikan obat. “Untuk mengobati luka, cukup tumbuk daun Lorentii, dan oleskan luka dengan getahnya. Dalam hitungan menit, darah akan berhenti dan luka tak akan bernanah, bahkan sakit akan berkurang.” Lien juga mengatakan, getah Sansivieria bisa mengurangi sakit akibat tersengat lebah atau alergi.

Dia mengatakan, Lorentii juga baik untuk penderita diabetes. “Daun diiris halus, lalu direbus dengan tiga gelas, hingga jadi dua gelas air. Air rebusan kemudian diminum. Jangan takut pahit, karena air rebusan ini tidak berasa,” papar Lien.

Selain jenis Lorentii, papar Lien, sansivieria jenis Patula juga bisa meringankan ambeien. Sementara itu, jenis Liberika dipercaya bisa mengobati sifilis. “Saya belum tahu apakah pernah dipakai di Indonesia, tetapi literatur yang saya baca, Liberika sudah digunakan sebagai obat sifilis di India,” pungkasnya.